Senin, 23 September 2013

SD YPK ELIM WOBARI (Waropen papua)



KATA PENGANTAR

           Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat, karunia dan petunjukNya, sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Program Magang 1
Ucapan terima kasih kami haturkan kepada :
Tuhan Yang Maha Esa, yang memberi kami kekuatan dan kemudahan untuk dapat mengerjakan laporan magang 1 ini.
Orang tua kami yang setia memberikan doa yang tulus sehingga kami dapat menyelesaikan laporan magang 1 dengan lancar.
Guru Pamong, Dosen Pembimbing dan Kepala Sekolah atas bimbingannya sehingga kami dapat menyelesaikan  laporan magang 1 ini tepat pada waktunya.
Teman-teman rombel PPGT yang selalu setia dalam suka dan duka untuk selalu berjuang bersama dalam memenuhi tugas.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan  laporan ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kami mengharapkan segala bentuk kritik yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan laporan tersebut. Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan diterima dengan baik.
Demikian kami ucapkan terima kasih.


                                                                                                            Wobari, 14 agustus 2013

Penyusun





LAPORAN
PELAKSANAAN  PROGRAM MAGANG  I
DI  SD  YPK ELIM WOBARI (WAROPEN)

DISUSUN OLEH:
LEJA SOPIA KANDAI  (1401512031)

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU TERINTEGRASI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2013



LEMBARAN PENGESAHAN
Judul kegiatan                                     : Magang 1
Nama   Kelompok                               : Leja Sopia Kandai
NIM                                                    : 1401512031                                                 
Tempat dan tanggal lahir                    : Wobari, 22 November 1993
Nomor telepon/ Hp                             :  081343345155
Prodi/ jurusan                                      : PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)
Fakultas                                               : Ilmu Pendidikan
Sekolah Tempat Magang                    : SD YPK Elim Wobari
Alamat lengkap                                   : Jl Trans Waropen
Nomor telepon                                    : -
Nama Dosen Pembimbing                  : Drs. Masugino. M.Pd.
NIP                                                     : 195207211980121001
Nama Guru Pamong                           : Debora Warikar, Ama.Pd
NIP                                                     : 198512282009092003
Nomor telepon/ Hp                             :





Guru  Pamong :                                                                                   Dosen Pembimbing :


Debora Warikar, Ama.Pd                                                                   Drs.Masugino, M.Pd
NIP: 198512282009092003                                                               NIP: 195207211980121001



Kepala Sekolah:


                                                            Semulina Kandai, Ama.Pd
NIP: 195504271973042001







BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Pendidikan
  Dalam kehidupan ini kita semua memiliki peranan penting untuk kemajuan individu-individu baru yang nantinya akan membentuk manusia yang menjadi generasi penerus bangsa. Pendidikan adalah lembaga yang bertanggungjawab menetapkan cita-cita, tujuan, sistem, isi dan organisasi pendidikan yang terjadi dalam keluarga, masyarakat dan sekolah. Peningkatan mutu pendidikan merupakan pengaruh yang signifikan dalam pengembangan aspek-aspek lain. Oleh sebab itu, pemerintah selalu mengusahakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia ini dengan segala cara. Salah satunya dengan  program penyerataan guru-guru yang ada di indonesia. Hal ini semata-mata dilakukan untuk meningkatkan kualifikasi guru yang didasarkan atas kesiapan guru itu sendiri agar dapat berperan dalam menjalankan tugas secara optimal dan profesional.
    Peningkatan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab semua pihak. Salah satu pihak yang berperan  dalam meningkatkan mutu pendidikan ini adalah guru. Guru sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa berkewajiban untuk menyediakan lingkungan belajar yang kreatif bagi kegiatan  belajar anak didik dikelas. Dikarenakan tuntunan yang tinggi untuk menjadi seorang, maka sebelum terjun langsung menjadi seorang guru nantinya, para calon gurupun diharapkan mempunyai bekal yang cukup sehingga dapat menjadi seorang guru yang profesional dan dapat diandalkan. Sebagai calon pendidik, para mahasiswa Program Profesi Guru Terintegrasi (PPGT)  yang sedang menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang di harapkan agar dapat memahami betul mengenai ketrampilan-ketrampilan yang harus dimiliki  sebagai seorang calon pendidik, agar nantinya dapat menjadi pendidik yang profesional, bertanggungjawab terhadap tugas dan berdedikasi tinggi untuk kemajuan pendidikan

Melalui Kegiatan Megang I yang dilaksanakan selama 18 hari di SD YPK Elim Wobari ini diharapkan agar para calon pendidik dapat mengenali lebih jauh mengenai lingkungan pendidikan, pengaturan administrasi sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan disekolah sebelum nantinya terjun langsung dan menjalani profesi ini secara utuh. Selain itu melalui kegiatan observasi ini diharapkan agar mahasiswa dan mahasiswi PPGT setelah pulang ke daerah masing-masing dapat menerapkan pengalaman-pengalaman yang di dapatkan selama kegiatan di SD YPK Elim Wobari yang tentunya memiliki budaya dan kebiasaan yang berbeda dengan daerah kita.

B.Tujuan
1. Untuk mengetahui profil dan kultur sekolah
2. Untuk mengetahui kinerja kepala sekolah dan guru
3. Untuk mengetahui kegiatan ekstra kurikuler di SD YPK Elim Wobari
C. Manfaat
1.Observasi ini dilakukan selain untuk memenuhi nilai semester 2 untuk mata kuliah magang I, juga beramfaat bagi pembaca.







BAB II
HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
PROFIL DAN KULTUR SEKOLAH
A.Profil Sekolah
1.  Nama Sekolah                                            : SD YPK Elim Wobari
2.  Nomor Statistik Sekolah                            : 102250304013
3.  Provinsi                                                      : Papua
4.  Otonomi Daerah                                        : Waropen
5.  Kecamatan                                                 : Risei-sayati
6.  Desa / Kecamatan                                      : Wobari
7.  Jalan dan Nomor                                        : Trans Waropen
8.  Kode Pos                                                   : 98261
9.  Telepon                                                      : -
10. Faksimili / Fax                                           :  -
11. Daerah                                                       : Kecamatan/Pedesaan
12. Status sekolah                                           : Suasta/supsidi
13. Sekelompok sekolah                                 :  Terdaftar
14. Akreditasi                                                 : -
15. Surat Kelembagaan                                   :
Nomor                                                 :-
Tanggal                                               :-
16. Penerbit SK                                               : -
17. Tahun Berdiri                                            : 1938
18. Tahun Perubahan                                      :-
19. Kegiatan Belajar Mengajar                       : Pagi
20. Bangunan Sekolah                                    : Milik sendiri
21. Lokasi Sekolah                                            : Jl. Trans Waropen
A.Jarak Ke Pusat Kecamatan                          : 6 km
B.Jarak Ke Pusat Kota                                    : 35 km
C.Terletak pada Lintasan                                : Propinsi Papua
22. Jumlah Keanggotaan Rayon                     :4 (1,2,3dan 4)
23. Organisasi penyelenggaraan                      : Pemerintah
24. Perjalanan Perubahan Sekolah                  : -
25. Luas tanah                                                 : 2025x125  
      Bangunan                                            : 825   
      Halaman                                              : 470    
26. Jumlah keanggotaan                                  : Sekolah
27. Organisasi penyelenggaraan                      : Pemerintah
28. No. Rekening BPD                                   : 801233004066442
                                                             



B. Kultur Sekolah
1. KEADAAN FISIK SEKOLAH
Keadaan umum SD YPK Elim Wobari
1.Gedung sekolah                                           : 1 unit                                       
2.Ruang kantor kepala sekolah                       : 1 Ruang                    
3.Ruang kantor guru                                       : 1 Ruang
4.Ruang TU/penjaga sekolah                          : 1 Ruang
5.Ruang gugus /himpaudi                               :  -
6.Ruang UKS                                                 : -
7.Ruang Laboratorim                                      :  -
8.Ruang perpustakaan                                     :  -
9.Ruang kesenian                                            :   -
10.Ruang Olahraga                                         :   -
11.Ruang Serba guna                                      :   -
12.Ruang Tamu                                               :    -
13.Tempat upacara                                          :  ada
14.Meja Murid                                                :  80 Buah
15.Kursi Murid                                               :  80 Buah
16.Meja Kepala sekolah                                  :  1 Buah
17.Kursi kepala sekolah                                  :  1 Buah
18.Meja Guru                                                  :  4 Buah
19.Kursi Guru                                                 :  4 Buah
20 Meja dan Kursi TU                                    : 1 Buah
21.Almari Murid                                             : 2 Buah
22.Almari Guru                                               :  -
23.Almari kepala sekolah                                :  -
24.Almari TU/ Penjaga                                   :  -
25.Papan tulis                                                  : 6 Buah   
26.Papan pajangan kelas                                 :  6 Buah
27.Rak kelas/ Ruang guru                               :  -
28.Rak Ruang kepala sekolah/ Ruang TU      : 1 Buah
29.Tiang bendera                                            :  1 Buah
30.Kamar mandi Murid/ guru                         :  3 Buah
31.Kipas angin                                                : -  
32.TV/Radio/Tape                                          : -
33.kebun sekolah/ Tago                                  :-
34.Sumur/ PDAM                                           :  1
35.Listrik                                                         :-
36.Dapur sekolah                                            : ada
37.Rumah Dinas Penjaga/ Kepala sekolah      :  1
38.Alat permainan Edukatif                           :  ada
39.DVD                                                          : 1 Buah
40.Almari kaca                                                : 1 Buah
41.Gucci Aqua                                                : 1 Buah
42.Komputer                                                   : 1 Buah

a. Luas tanah dan denah
SD YPK Elim Wobari terletak di Jalan Raya Pedesaan  yang memiliki luas tanah  seluas 2025x125 m2. Dengan luas bangunannya 825 m2 dan luas halamannya 470 m2



Denah:                                     DENAH SD YPK ELIM WOBARI










 


                  Kantor     KVI        KI           KII         KII          KIV                 KV
                                                                                                                         RK
                                               
      KK
                                                   
      KG                                      
                                                                                    
                                                   
                                                                                                           
                                                                                                       
                                                                                                                   
                                                                                               
                                                                                                                       
                                                                                                           
                                                                                                               
                                                                                                                     
 

                          JL. Raya,Trans Waropen  

Keterangan:
KK :Kopel Kepala Sekolah
KG :Kopel Guru
K    :Kantor
KIV :Kelas Enam
KI   :Kelas Satu
KII :Kelas Dua
KIII :Kelas Tiga
KIV :Kelas Empat
KV :Kelas Lima
RK :Ruang Kelas












2. KEADAAN LINGKUNGAN SEKOLAH
1. Kedaan Lingkungan Sekolah
            Batas-batas SD YPK ELIM WOBARI:
            Batas sebelah utara                             : Perkampungan penduduk
            Batas sebelah selatan                          : Hutan sagu
            Batas sebela barat                               : Perkampungan penduduk
            Batas sebela timur                               : Perkampungan penduduk
2. Keadaan Lingkungan Sekolah/ Tempat Latihan:
 a.Tingkat kebersihan
Lingkungan sekolah bersih dan terjaga karena mempunyai penjaga sekolah yang selalu membersikan lingkungan sekolah. Setiap kelas tersediah tempat sampah atau siswa tidak membuang sampah sembarang. Selain itu, tempat sampah ada penggolongan jenis sampah, yaitu organik dan anorganik.
b. Kebisingan
SD ini terletak di pedesaan jadi tidak ada keributan aman nyaman dan tentram
c. Sanitasi
Sanitasi kebutuhan air yang berada di SD YPK Elim Wobari lancar dan bersih.Tetapi jika musim kemarau tiba, kebutuham air kurang terpenuhi karena air susah didapat.Dan yang di gunakan air hujan


d. Jalan penghubung dengan sekolah
Jalan disekitar sekolah kondisinya baik,bahkan jalan menuju sekolah merupakan jalan raya desa wobari sehingga saat berangkat ataupun pulang sekolah  jalan sangat ramai
e. Masyarakat sekitar sekolah
SD YPK Elim Wobari berada dilingkungan perumahan dan sebagai wiraswasta,dan petani.Namun komunikasi dengan pihak sekolah tetap terjalin dengan baik.
3. FASILITAS SEKOLAH
1.Ruangan
1.1.Ruang kelas
Terdiri dari 6 ruangan yang berukuran kurang lebih 9x7 m, dan terdiri dari kelas 1 sampai kelas 6 .Ruangan ini dilengkapi peralatan dan perlengkapan sebagai berikut:
Kelas I
Kelas II
Kelas II
Kelas IV
Kelas V
Kelas VI
1. Meja dan kursi guru
2. Meja dan kursi siswa
3. Almari kelas
4. Almari penyimpangan protofolio
5. Papan tulis
6. Papan absen dan tata tertib
7. Jam dinding,foto presiden dan wakil presiden.serta gambar garuda
8. Perlengkapan administrasi kelas,meliputi jadwal piket dan kalender pendidikan
9. Gambar penunjang pelajaran
1.2. Ruang kepala sekolah
Ruang kepala sekolah keberadanya  menyatu dngan ruang guru dan terletak di sebelah barat ruang kelas.Ruang kepala sekolah dan kantor memiliki sarana dan prasaran yang mencakup antara lain:
1. Meja,Kursi kepala sekolah
2. Meja dan kursi tamu
3. Almari tempat penyimpanan arsip-arsip administrasi
4. Struktur organisasi sekolah
5. Struktur komite sekolah
6. Kalender
.

4. Visi dan misi sekolah
Visi:
Membentuk peserta didik yang berpengetahuan,berahlak mulia,berbudaya dan memiliki ketrapilan serta berbudi pekerti.
Misi:                                     
a.       Menyiapkan peserta didik yang memiliki pengetahan dan berakhlak mulia
b.      Meningkatkan peserta belajar atau peserta didik
c.       Menjalani kerja sama yang baik antar warga sekolah dan lingkungan
d.      Meningkat peserta di bidang ekstra kurikuler dalam rangka meningkatkan bakat dan minat peserta didik.

Sekolah memilih Visi dan Misi ini kerana mengacu kepada tujuan pendidikan nasional.Visi dan Misi ini menjadi tolak ukur atau tujuan yang akan dicapai. Dengan Visi dan Misi ini anak diharapkan setelah keluar dari sekolah bisa menjadi pribadi yang cerdas,terampil dan berbudi pekerti luhur seperti yang tercantum dari Visi dan Misi diatas.
5. Prestasi-prestasi akademik dan nonakademik
a.Prestasi Akademik
Prestasi akademik yang dicapai oleh SD YPK Elim Wobari adalah dalam bidang mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA di tingkat kecamatan.
b.Prestasi Nonakademik
yang dicapai oleh sekolah ini adalah dalam bidang seni olah raga, dan pramuka





            Program yang dimiliki oleh SD YPK Elim Wobari  (terlampir)
SD YPK Elim Wobari memilih program ini sebagai program unggulan sekolah di karenakan sesuai dengan Visi dan Misi dan tujuan Pendidikan Nasional

6.Kiat-kiat/ kunci keberhasilan sekolah dalam mencapai prestasi.
Prestasi yang di dapat oleh sekolah ini adalah dari hasil pelatihan yang separtan dan kontino kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan oleh sekolah.Dan juga harus disiplin,guru telaten,adanya motivasi dan semuanya tak terlepas dari pran orang tua.
7. Keadaan interaksi sosial di sekolah
Kehidupan SD YPK Elim Wobari sangat baik dan memiliki hubungan kekeluargaan yang sangat baik.Hubungan dengan kepala sekolah,hubungan dengan guru dan hubungan dengan staf guru.Hubungan antara guru dan siswa terjalin dengan erat.Dimana guru berperang sebagai pengajar,pembimbing,dan orang tua  kedua bagi siswa dan memberikan nasihat yang baik.Siswa juga tetap menghormati guru.Guru selalu menerapkan sikap hormat menghormati,saling menghargai dan menyanyangi.Hubungan antara siswa terjalin dalam kegiatan belajar mengajar

a.Interaksi kepala sekolah dengan guru-guru
Interaksi kepala sekolah dengan guru-guru SD YPK Elim Wobari terjalin dengan baik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan memberikan pengarahan-pengarahan dan memberikan saran,serta masukan bagi guru,agar dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan hasil maksimal sesuai dengan tujuan yang ingin di capai

b.Interaksi diantara para guru
Hubungan guru dengan guru sangat baik.Diantara guru saling bekerja sama dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan sekolah dan masalah-masalah yang terjadi di sekolah.selain itu para guru juga berada dalam satu ruangan yang mengakibatkan komunikasi tetap berjaln dengan lancar.Hubungan yang terjadi ini dapat memberikan contoh yang positif bagi peserta didik

c.Interaksi guru dengan siswa
Interaksi antara guru dengan siswa dapat terlihat ketika berlangsungnya proses belajar mengajar didalam kelas.Guru dan siswa tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sosial di lingkungan sekolah baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun diluar kegiatan belajar KBM.Oleh karena itu,guru harus dapat menempatkan dirinya dalam:                         
1.1  Guru sebagai pendidik
Guru menempatkan diri sebagai fasilitator bagi siswa untuk dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan.
1.2  Guru sebagai orang tua
Guru merupakan orang tua kedua bagi yang memberikan bimbingan kepada siswa dan menerapkan nilai-nilai positif bagi siswa,sehingga dapat di jadikan sebagai teladan.
1.3  Guru sebagai teman
Guru sebagai teman dapat diartikan bahwa guru dapat di jadikan teman bagi siswa untuk berkeluh kesah seperti layaknya teman sebaya sehingga guru dapat mengetahui secara lebih mendalam tentang pribadi peserta didik
1.4  Interaksi di antara para siswa
Interaksi  antara siswa dengan siswa terjalin dengan baik. Mereka bersosialisasi pada saat kegiatan belajar,istirahat maupun setelah kegiatan belajar mengajar
.
8. Rumusan tata tertib di SD YPK Elim Wobari dan pelaksanaannya
          a.Tata tertib sekolah
1.         Anak- anak harus sudah hadir disekolah 5 menit, paling lambat sebelum lonceng masuk berbunyi
2.         Berbaris dengan tertib diatur oleh ketua kelas
3.         Sebelum pelajaran dimulai dan pada akhir pelajaran anak - anak berdoa sesuai dengan agamanya / kepercayaannya masing – masing
4.         Anak harus selalu mengikuti upacara sekolah dengan tertib
5.         Anak – anak harus memakaia pakaian yang rapih dan bersih / seragam sekolah yang telah ditentukan. Sesuai dengan hari – harinya
6.         Anak – anak yang berpakaian seragam, baju kemejanya harus ke dalam
7.         Tidak dibenarkan berkuku panjang, berambut  gondrong dan bagi anak- anak wanita dilarang memakaian perhiasan yang mencolok ke sekolah
8.         Selalu hormat kepada tamu yang hadir di sekolah
9.         Harus patuh kepada tata tertib yang telah ditentukan sekolah
10.     Bila tidak masuk sekolah orang tua / wali anak, harus memberitahukan dengan lisan / tertulis ke sekolah
11.     Peliharalah buku dan alat perlengkapan lainnya secara rapih dan bersih
12.     Pada waktu istirahat tidak dibenarkan jajan diluar pekarangan sekolah
13.     Harus membantu menjaga kebersihan sekolah. Membuang sampah pada tempatnya
14.     Bersihkan / siram kembali WC setelah habis dipergunakan
15.     Buang air harus di tempat yang telah di tentukan
16.     Dilarang mencoret bangku, meja, pintu, jendela dan tembok sekolah
Jaga dan peliharalah tanaman – tanaman yang ada di pekarangan sekolah
Dilarang keras merokok
Tidak dibenarkan membawa uang jajan yang berlebihan
Harus menjaga nama baik sekolah dimanapun.
Tata tertib guru
1.Guru harus hadir selambat-lambatnya sebelum pelajaran di mulai
2.Guru wajib mengisi daftar hadir dengan mencantumkan jam datang dan pulang
3..Guru yang terlambat atau meninggalkan sekolah sebelum jam pulang harus ijin kepala sekolah dan mengisi buku tertib
4.Guru piket bertugas mengawasi piket kelas atau sekolah dan bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban sekolah serta mengatur waktu pelajaran.
5.Guru piket mengawasi siswa waktu istirahat berlangsung.
6.Pakaian Guru
7.Guru harus berpakaian sopan,bersih dan tiadak berlebihan
8.Guru tidak boleh makan saat pelajarn berlangsung.
a.Senin                                    :Linmas
b. selasa                                   : Keki
c.Rabu                                     : Keki / batik papua
d.Kamis                                   : Batik papua
e.Jumat                                    : Pakaian Olah Raga/Pramuka  
f.Sabtu                                                : Bebas Rapi
9.Guru wajib mengawasi pelaksanaan senam (SKJ/SPI) secara langsung 
10.Guru wajib menjaga keutuhan,kekeluargaan guru dan nama baik sekolah
b. Kewajiban guru
a.       Melaksanakan Tugas yang di berikan kepala sekolah
b.      Melaksanakan tata tertib sekolah sebaik-baiknya
c.       Mengisi daftar hadir guru, murid, jumlah kelas
d.      Pakai seragam yang di tentukan / sekolah pakaian bebas, rapih dan bersepatu
e.       Membantu kelancaran proses belajar mengajar
f.       Membawah perangkat program pelajaran yang sesuai bidang studi masing – masing
g.      Ikut bertanggung jawab atas keberhasilan keamanan ketertiban, keindahan sekolah.
h.      Saling menghargai menghormati sesama warga sekolah
i.        Mengikuti atau melaksanakan semua kegiatan yang dilakukan sekolah
c. Larangan
a.       Meninggalkan kelas setelah proses KBM berlangsung.
b.      Makan, minum dan merokok dalam kelas atau kantor
c.       Meninggalkan kelas sebelum bel dan ganti pelajaran / istirahat / bel pulang berbunyi kecuali ada ijin dari guru piket / kepala sekolah
d.      Kesekolah atau kantor tidak berpakaian rapi atau tidak bersepatu
e.       Membicarakan guru-guru tentang hal-hal yang negatif di depan kelas atau siswa

Pelaksanaannya: Dari pengamatan dan hasil waancara kami dengan para guru, bahwa tata tertib ini berjalan dengan baik dan semua guru telah menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Dan tata tertib ini juga berlaku bagi kepala sekolah.

d. Tata tertib siswa

                                                 TATA TERTIB SEKOLAH
SD YPK ELIM WOBARI

Peraturan siswa untuk Kelas I s.d Kelas II
1.      Semua warga kelas berusaha meningkatkan keamanan dan ketakwaan kepada Allah
2.      Setiap anak harus dapat bersenang-senang
3.      Setiap anak harus belajar
4.      Setiapa anak harus melakukan tugasnya
5.      Setiap anak harus saling menghargai
Peraturan Kelas III s.d Kelas VI
1.      Semua warga kelas berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah
2.      Semua warga kelas berusaha meningkatkan disiplin diri
3.      Semua warga kelas menciptakan suasana aman di kelas
4.      Semua warga kelas membudayakan hidup bersih, indah dan sehat
5.      Semua warga kelas aktif dan kreatif dalam belajar
Pelaksanaannya : dari hasil pengamatan kami, semua peraturan berjalan dengan baik. Dan semua siswa mematuhi semua peraturan yang telah dibuat dari pihak sekolah.
9. Bentuk kependidikan karakter Bangsa dan Pengembangan Diri siswa di SD YPK Elim Wobari
NO
Nilai
                          Deskripsi
1
Relegius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2
Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadi dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan,tindakan dan pekerjaan.
3
Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku,etnis,pendapat,sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dikrinya.
4
Disiplin
Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada bagian ketentuan dan peraturan
5
Kerja Keras
Perilaku yang menujukan upaya sungguh-sungguh  dalam mengatasi berbagai hambatan belajar.Tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
6
Krestif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
7
Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak muda tergantug pada orang lain dalam menyelesaikan tugas
8
Demokratis
Cara berpikir, bersikap. Dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
9
Rasa ingin tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari  suatu yang di pelajari dilihat dan didengar
10
Semangat kebangsaan
Cara berpikir,bertindak dan berwawasan yang menetapkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentigan diri dan kelompoknya
11
Cinta tanah air
Cara berpikir,bersikap dan berbuat yang menunjukan kesetiaan kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa.Lingkungan social budaya ekonomi dan politik bangsa.
12
Menghargai prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi bangsa mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain
13
Bersahabat komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang bicara,bergaul dan bekerja sama dengan orang lain.
14
Cinta damai
Sikap perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain meresa senang dan aman atas kehadirannya.
15
Gemar membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi orang lain
16
Peduli lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya dan mengembangkan upaya memperbaiki kerusakan alam di sudah terjadi
17
Peduli sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
18
Tanggung jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melakukan tugas dan kewajiban yang seharusnya dia lakukan terhadap diri sendiri. Masyarakat lingkungan (alam sosial dan budaya). Negara dan Tuhan Yang Maha Esa

10. Bentuk pendidikan Lingkungan Hidup di SD YPK Elim Wobari
Bentuk kependidikan lingkungan hidup di sekolah ini dengan cara peghijauan. Dan juga seluruh siswa wajib menjaga kebesrihan lingkungan seperti membuan sampah pada tempatnya dan setiap pulang sekolah para siswa wajib membersihkan kelas terlebih dahulu
11. Bidang pengelolaan dan administrasi sekolah
a. Administrasi sekolah
Administrasi sekolah adalah pengaturan dan pendayagunaan segenap sumber daya sekolah secara efektif dan efisien dalam penyelenggaraan pendidikan agara tujuan pendidikan di sekolah tercapai secara optimal.
§  .Jumlah siswa dan sebaranya disetiap kelas
Jumlah siswa yang ada di SD YPK Elim Wobari adalah 53 siswa. Dengan sebarannya disetiap kelas:
Kelas   I          : 15 siswa        P :8      L :7
Kelas  II          : 11 siswa        P :8      L :3
Kelas  III         : 6  siswa         P :1      L:5
Kelas   IV        : 3  siswa         P :1      L:2
Kelas   V         : 7  siswa         P :4      L:3
Kelas   VI        : 11 siswa        P :6      L:5

§  Keadaan tingkat ekonomi-sosial orang tua siswa
Berdasarkan hasil wawancara kami dengan guru,bahwa tingkat ekonomi-sosial orang tua siswa di SD YPK Elim Wobari adalah menengah kebawah. Karena sebagian besar orang tua siswa bekerja sebagai nelayan dan petani.

1.Administrasi peserta didik
2.Administrasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta struktur organisasinya.
3.Administrasi keuangan
4.Administrasi sarana dan prasarana
5.Administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat
6.Administrasi layanan khusus (Bimbingan Konseing). Unit kesehatan siswa, unit koperasi sekolah dan kegiatan ekstrakulikuler.
SD YPK Elim Wobari merupakan SD yang sudah menerapkan pengelolaaan / administrasi  sekolah dengan sangat baik. Semua sumber daya kekuatan serta potensi di sekolah ini diberdayakan secara maksimal. Dalam melaksanakan kegiatan administrasi SD YPK Elim Wobari menerapkan pembagian tugas atau jabatan sehingga semua peran bisa berjalan dengan terkendali dan dapat di pertanggungjawabkan. Pembagian tugas tersebut sesuai dengan jabatan yang ampu oleh masing-masing masyarakat sekolah.
            Komite sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali pesrta didik, komunitas sekolah serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Komite sekolah berfungsi sebagai pemberi pengembangan pendukung program,pengontrol dan bahkan mediator. Peran komite sekolah sangatlah vital, terutama dengan penyusunan atau pembuatan program sekolah. Program sekolah disusun berdasarkan musyawarah mufakat sekolah antara pihak sekolah dengan komite sekolah yang nantinya akan di pertanggungjawabkan oleh sekolah kepada masyarakat melalui komite sekolah. Jadi, semua kegiatan dan program sekolah diketahui dan di awasi oleh masyarakat dalam hal ini komite sekolah.
b. Administrasi Kelas
Sebagaimana administrasi sekolah, di dalam kelas juga menerapkan struktur pengurusan sekolah yang terdiri dari para siswa dan di awasi oleh guru kelas maing-masing. Umumnya struktur organisasi kelas terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Selain terdapat struktur organisasi, didalam kelas juga telah di bentuk jadwal regu piket harian guna menjaga keberhasilan di dalam kelas.
1. Administrasi sarana dan prasarana sekolah diolah dengan sangat baik, semua masyarakat sekolah mempunyai peranan masing-masing dalam menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang dimiliki disekolah.
2. Administrasi media pembelajaran diserahkan kepada kelas. Jadi, warga kelas yang bertanggungjawab mengelola menjaga serta merawat berbagai media pembelajaran masing-masing kelas. 
a.  Buku daftar nilai
b.  Buku daftar kelas
c.  Program tahunan
d.  Program semester
e.  Program harian/ Rencana harian (RH)
f.  Rencana Pelaksanaa Pembelajaraan (RPP)
g.  Buku bimbingan/ Penyuluhan (konseling)
h.  Buku Bank soal
i.  buku Ekstra Kurikuler (meliputi: Program dan Pelaksanaan serta hasi kegiatan)
j.  Buku Penerimaan rapor,
k. Buku Keuangan ( Tabungan siswa, dll)
l.  buku analisis Penilaian / Perbaikan
m. Buku Kepribadian Siswa,
n.  Buku Inventaris Kelas
o.  Jadwal Pelajaran
p.  Jadwal Piket / regu Kerja Siswa
q.  Papan Absen
r.  Papan Monografi Kelas, yang memuat data siswa/grafik absen,dll.

10. Tugas-tugas Kepala Sekolah,Guru dan Tenaga Kependidikan
1. Profil Kepala Sekolah
    Nama                                   : Semulina Kandai Ama.Pd
   Nip                                       : 195504271973042001
   Tempat tanggal lahir            :  Risei-sayati 27 april 1955
    Agama                                 : Kristen Protestan
   Ijasa dan tahun                     : D3  2002
  Nomor seri karpeg                 :
  TMT capeg                            :
  Di sekolah ini                        : 01/04/1973
  Golongan                              : III/C
  Mengajar dikelas/jam            :III-IV/6 jam
2. Tugas administrasi yang dikerjakan oleh kepala sekolah
Tugas pokok  kepala sekolah
a.       Educator: pendidik. Kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahn dan tetap wajib mengajar sebanyak 6 jam
b.      Manager: Kepala sekolah juga sebagai manager yang tugasnya membagi tugas bagi seluruh  pekerjaan yang ada di satuan pendidikan
c.       Administrator: Seorang kepala sekolah sebagai seorang administrator yang tugasnya mengerjakan administrasi sekolah.
d.      Supervisior: Kepala sekolah bertugas menyusun pergram supervisi sekolah,memanfaatkan hasil supervisi
e.       Leader: Sebagai pemimpin kepala sekolah bertugas menyusun dan mengsosialisasikan visi dan misi suatu  program sekolah,mengambil keputusan melakukan komunikasi.
f.       Inovator: Sebagai  inovator kepala sekolah bertugas mencari dan melakukan pembaharuan dalam berbagai aspek
g.      Motivator: Sebagai motivator kepala sekolah bertugas menyihir lingkungan kerja, suasana kerja, membangun prinsip penghargaan dan hukuman yang sistematik
Berkenaan dengan tugas kepala sekolah sebagai administrator. Kepala sekolah di SD YPK Elim Wobari mempunyai tugas administrator seperti: administrasi KBM, keuangan (BOS) dan kepegawaian. Mengenai keuangan, kepala sekolah mengatur dana BOS yang ada  sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan sekolah
3. Profil guru di SD YPK Elim Wobari
a. Nama                                                           : Debora Warikar. Ama.Pd
    NIP                                                                         : 198512282009092003
Tempat dan tanggal lahir                              : Serui,28 - 12 - 1985
Agama                                                          : Kristen Protestan  
Ijasah dan tahun                                           : D-2,2007
Golongan/pangkat                                        : II/B
Mengajar di kelas/jam                                   : V dan VI/36 jam
b. Nama                                                             :Novita Kapisa
 Nip                                                                 :-
Tempat tanggal lahir                                       :Jayapura/Abepura 08 10 1982
Agama                                                             :Krisen Protestan
Ijasah dan tahun                                              :SMK Kejuruan,1999
Golangan/pangkat                                           :-
Mengajar di kelas/ jam                                    :I-II/24 jam

4.Tugas-tugas administrasi yang dikerjakan guru
Administrasi yang dikerjakan guru, antara lain:
1.Buku daftar nilai, meliputi nilai ulangan harian, tugas-tugas atau pekerjaan rumah dan protofolio berikut rekapitulasinya.
2.Buku daftar kelas: meliputi mutasi siswa, presensi/absen,data siswa dan orang tua /wali siswa dll.
3.Program tahunan (biasa di singkat PROTA ), berisi matrik rencana pembelajaran selama 2 semester ( 2 x 6 bulan) / 12 bulan.
4. Program semester (biasa di singkat PROMES) di dalamnya memuat: Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator (ID), materi pokok (MP), alokasi waktu (AW), penilaian (jenis dan bentuknya) serta alat.
5. Program harian / rencana harian ( RH) berupa format singkat yang memuat: hari/tanggal (Nomor) SK (Nomor), KD, Indikator, Alat / sumber  serta keterangan.
6.Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran (RPP) pada sebuah RPP memuata beberapa hal yaitu: Nama mata pelajaran ( Mapel), Kompetensi Dasar (KD), Indikator tema (untuk kelas rendah/1-3), alokasi waktu kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir dan penilaian.
7. Buku Bimbingan atau penyuluhan (Konseling)
8. Buku bank soal
9. Buku kegiatan ektrakurikuer ( meliputi : Program dan pelaksanaan serta hasil kegiatan)
10. Buku Penerimaan rapor
11. Buku keuangan ( tabungan siswa dll )
12. Buku analisis penilaian / perbaikan
13. Buku Kepribadian siswa
14. Buku Invertaris kelas
15. Jadwal pelajaran
 16. Jadwal piket / regu kerja siswa
17. Papan Absen

5.Kegiatan Guru Dalam Kelompok Kerja Guru (KKG)
Kegiatan KKG ini berlangsung secara baik di SD YPK Elim Wobari ini. Kegiatan ini guna memecahkan, menemukan, mencari hal-hal yang di temukan di kelas atau pada saat proses belajar mengajar ( KBM ) untuk mencari solusi yang baik.
12. Kegiatan Ekstrakurikuler
Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang di laksanakan adalah sebagai berikut:
1.      Pramuka
2.      Olah raga
3.      Les IPA
4.      Matematika
5.      Les bahasa indonesia
Kegiatan ekstrakurikuler ini berjalan dengan lancar di mana setiapa siswa sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini.


















BAB II
PENUTUP
A.Kesimpulan
            SD YPK Elim Wobari terletak di jalan raya Trans waropen  mempunyai luas 2025x125 m2. Sekolah ini mempunyai 6 ruang kelas dan 53 siswa. Jumlah guru beserta kepala sekolah 4 guru. Interaksi yang terjalin antara kepala sekolah, guru dan siswa berjalan dengan baik. Kepala sekolah mau pun guru menjalangkan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang penuh yaitu mereka mampu menjalangkannya sesui dengan tugas masing-masing. Juga tata tertib ini di jalanka oleh semua warga sekolah baik kepala sekolah, guru dan siswa.
            Di sekolah ini ada lima kegiatan ekstra kurikuler yaitu: Pramuka, Olah raga,les IPA,Matematika dan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, Dikarenakan semua program disekolah ini berjalan dengan lancar, baik ekstra kurikuler maupun intra kurikuler membuat sekolah ini memiliki prestasi dibidang akademik dan non akademik.

B.     Saran
        Fisik sekolah juga menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran disekolah. Ruang yang nyaman akan membuat siswa juga nyaman untuk belajar. Julmah guru masih kurang dan guru harus ada penyesuaian dengan jumlah ruang  kelas dan murid. Jumlah guru dan tenaga kependidikan juga mempengaruhi proses pembelejaran disekolah, sebaiknya  guru tidak merangkap menjadi tenaga kependidikan karena akan berpengaruh tidak baik kepada tugasnya sebagai seorang guru.

           









  








Tidak ada komentar:

Posting Komentar