KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa atas berkat rahmat, karunia dan petunjukNya, sehingga kami dapat
menyelesaikan Laporan
Pelaksanaan Program Magang 1
Ucapan
terima kasih kami haturkan kepada :
Tuhan
Yang Maha Esa, yang memberi kami kekuatan dan kemudahan untuk dapat mengerjakan
laporan magang 1 ini.
Orang
tua kami yang setia memberikan doa yang tulus sehingga kami dapat menyelesaikan
laporan magang 1 dengan
lancar.
Guru Pamong, Dosen Pembimbing dan Kepala Sekolah atas
bimbingannya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan magang
1 ini
tepat pada waktunya.
Teman-teman
rombel PPGT yang selalu setia dalam suka dan duka untuk selalu berjuang bersama
dalam memenuhi tugas.
Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak
kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kami mengharapkan
segala bentuk kritik yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan laporan tersebut. Semoga laporan ini dapat bermanfaat
dan diterima dengan baik.
Demikian
kami ucapkan terima kasih.
Wobari, 14 agustus 2013
Penyusun
LAPORAN
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG I
DI
SD YPK ELIM WOBARI (WAROPEN)
DISUSUN OLEH:
LEJA
SOPIA KANDAI (1401512031)
PROGRAM PENDIDIKAN
PROFESI GURU TERINTEGRASI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN
2013
LEMBARAN PENGESAHAN
Judul
kegiatan :
Magang 1
Nama Kelompok :
Leja Sopia Kandai
NIM
:
1401512031
Tempat
dan tanggal lahir : Wobari,
22 November 1993
Nomor
telepon/ Hp : 081343345155
Prodi/
jurusan :
PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)
Fakultas :
Ilmu Pendidikan
Sekolah
Tempat Magang : SD YPK
Elim Wobari
Alamat
lengkap :
Jl Trans Waropen
Nomor
telepon :
-
Nama
Dosen Pembimbing : Drs.
Masugino. M.Pd.
NIP :
195207211980121001
Nama
Guru Pamong :
Debora Warikar, Ama.Pd
NIP :
198512282009092003
Nomor
telepon/ Hp :
Guru Pamong : Dosen Pembimbing :
Debora
Warikar, Ama.Pd Drs.Masugino, M.Pd
NIP: 198512282009092003
NIP:
195207211980121001
Kepala Sekolah:
Semulina
Kandai, Ama.Pd
NIP: 195504271973042001
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Pendidikan
Dalam kehidupan ini kita semua memiliki
peranan penting untuk kemajuan individu-individu baru yang nantinya akan
membentuk manusia yang menjadi generasi penerus bangsa. Pendidikan adalah
lembaga yang bertanggungjawab menetapkan cita-cita, tujuan, sistem, isi dan
organisasi pendidikan yang terjadi dalam keluarga, masyarakat dan sekolah.
Peningkatan mutu pendidikan merupakan pengaruh yang signifikan dalam
pengembangan aspek-aspek lain. Oleh sebab itu, pemerintah selalu mengusahakan
untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia ini dengan segala cara. Salah
satunya dengan program penyerataan
guru-guru yang ada di indonesia. Hal ini semata-mata dilakukan untuk
meningkatkan kualifikasi guru yang didasarkan atas kesiapan guru itu sendiri
agar dapat berperan dalam menjalankan tugas secara optimal dan profesional.
Peningkatan mutu pendidikan ini merupakan
tanggung jawab semua pihak. Salah satu pihak yang berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan ini adalah
guru. Guru sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa berkewajiban untuk
menyediakan lingkungan belajar yang kreatif bagi kegiatan belajar anak didik dikelas. Dikarenakan
tuntunan yang tinggi untuk menjadi seorang, maka sebelum terjun langsung
menjadi seorang guru nantinya, para calon gurupun diharapkan mempunyai bekal
yang cukup sehingga dapat menjadi seorang guru yang profesional dan dapat
diandalkan. Sebagai calon pendidik, para mahasiswa Program Profesi Guru
Terintegrasi (PPGT) yang sedang menempuh
pendidikan di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Semarang di harapkan agar dapat memahami betul
mengenai ketrampilan-ketrampilan yang harus dimiliki sebagai seorang calon pendidik, agar nantinya
dapat menjadi pendidik yang profesional, bertanggungjawab terhadap tugas dan
berdedikasi tinggi untuk kemajuan pendidikan
Melalui
Kegiatan Megang I yang dilaksanakan selama 18 hari di SD YPK Elim Wobari ini
diharapkan agar para calon pendidik dapat mengenali lebih jauh mengenai
lingkungan pendidikan, pengaturan administrasi sekolah, dan kegiatan
ekstrakurikuler yang dilaksanakan disekolah sebelum nantinya terjun langsung
dan menjalani profesi ini secara utuh. Selain itu melalui kegiatan observasi
ini diharapkan agar mahasiswa dan mahasiswi PPGT setelah pulang ke daerah
masing-masing dapat menerapkan pengalaman-pengalaman yang di dapatkan selama
kegiatan di SD YPK Elim Wobari yang tentunya memiliki budaya dan kebiasaan yang
berbeda dengan daerah kita.
B.Tujuan
1.
Untuk mengetahui profil dan kultur sekolah
2.
Untuk mengetahui kinerja kepala sekolah dan guru
3.
Untuk mengetahui kegiatan ekstra kurikuler di SD YPK Elim Wobari
C.
Manfaat
1.Observasi ini dilakukan selain untuk
memenuhi nilai semester 2 untuk mata kuliah magang I, juga beramfaat bagi
pembaca.
BAB II
HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
PROFIL
DAN KULTUR SEKOLAH
A.Profil
Sekolah
1.
Nama Sekolah : SD YPK Elim Wobari
2. Nomor Statistik Sekolah : 102250304013
3. Provinsi :
Papua
4. Otonomi Daerah : Waropen
5. Kecamatan :
Risei-sayati
6. Desa / Kecamatan : Wobari
7. Jalan dan Nomor : Trans Waropen
8. Kode Pos :
98261
9. Telepon :
-
10.
Faksimili / Fax : -
11.
Daerah :
Kecamatan/Pedesaan
12.
Status sekolah :
Suasta/supsidi
13.
Sekelompok sekolah : Terdaftar
14.
Akreditasi :
-
15.
Surat Kelembagaan :
Nomor :-
Tanggal
:-
16.
Penerbit SK :
-
17.
Tahun Berdiri :
1938
18.
Tahun Perubahan :-
19.
Kegiatan Belajar Mengajar :
Pagi
20.
Bangunan Sekolah
: Milik sendiri
21.
Lokasi Sekolah : Jl.
Trans Waropen
A.Jarak
Ke Pusat Kecamatan : 6 km
B.Jarak
Ke Pusat Kota
: 35 km
C.Terletak
pada Lintasan :
Propinsi Papua
22.
Jumlah Keanggotaan Rayon :4
(1,2,3dan 4)
23.
Organisasi penyelenggaraan :
Pemerintah
24.
Perjalanan Perubahan Sekolah :
-
25.
Luas tanah : 2025x125 m²
Bangunan : 825 m²
Halaman : 470 m²
26.
Jumlah keanggotaan :
Sekolah
27.
Organisasi penyelenggaraan :
Pemerintah
28. No. Rekening BPD : 801233004066442
B. Kultur Sekolah
1. KEADAAN FISIK SEKOLAH
Keadaan
umum SD YPK Elim Wobari
1.Gedung
sekolah :
1 unit
2.Ruang
kantor kepala sekolah :
1 Ruang
3.Ruang
kantor guru :
1 Ruang
4.Ruang
TU/penjaga sekolah :
1 Ruang
5.Ruang
gugus /himpaudi : -
6.Ruang
UKS :
-
7.Ruang
Laboratorim : -
8.Ruang
perpustakaan : -
9.Ruang
kesenian : -
10.Ruang
Olahraga : -
11.Ruang
Serba guna : -
12.Ruang
Tamu : -
13.Tempat
upacara : ada
14.Meja
Murid : 80 Buah
15.Kursi
Murid : 80 Buah
16.Meja
Kepala sekolah : 1 Buah
17.Kursi
kepala sekolah : 1 Buah
18.Meja
Guru : 4 Buah
19.Kursi
Guru :
4 Buah
20
Meja dan Kursi TU :
1 Buah
21.Almari
Murid :
2 Buah
22.Almari
Guru : -
23.Almari
kepala sekolah : -
24.Almari
TU/ Penjaga : -
25.Papan
tulis :
6 Buah
26.Papan
pajangan kelas : 6 Buah
27.Rak
kelas/ Ruang guru : -
28.Rak
Ruang kepala sekolah/ Ruang TU : 1
Buah
29.Tiang
bendera : 1 Buah
30.Kamar
mandi Murid/ guru : 3 Buah
31.Kipas
angin :
-
32.TV/Radio/Tape : -
33.kebun
sekolah/ Tago :-
34.Sumur/
PDAM : 1
35.Listrik :-
36.Dapur
sekolah :
ada
37.Rumah
Dinas Penjaga/ Kepala sekolah : 1
38.Alat
permainan Edukatif : ada
39.DVD :
1 Buah
40.Almari
kaca :
1 Buah
41.Gucci
Aqua :
1 Buah
42.Komputer :
1 Buah
a.
Luas tanah dan denah
SD
YPK Elim Wobari terletak di Jalan Raya Pedesaan yang memiliki luas tanah seluas 2025x125 m2.
Dengan luas bangunannya 825
m2 dan luas
halamannya 470
m2
Denah: DENAH
SD YPK ELIM WOBARI
Kantor KVI KI
KII KII KIV KV
RK
KK
KG
JL. Raya,Trans Waropen
Keterangan:
KK
:Kopel Kepala Sekolah
KG
:Kopel Guru
K :Kantor
KIV
:Kelas Enam
KI :Kelas Satu
KII
:Kelas Dua
KIII
:Kelas Tiga
KIV
:Kelas Empat
KV
:Kelas Lima
RK
:Ruang Kelas
2. KEADAAN LINGKUNGAN SEKOLAH
1. Kedaan Lingkungan Sekolah
Batas-batas SD YPK ELIM WOBARI:
Batas sebelah utara :
Perkampungan penduduk
Batas sebelah selatan : Hutan sagu
Batas sebela barat : Perkampungan
penduduk
Batas sebela timur : Perkampungan
penduduk
2. Keadaan Lingkungan Sekolah/
Tempat Latihan:
a.Tingkat kebersihan
Lingkungan
sekolah bersih dan terjaga karena mempunyai penjaga sekolah yang selalu
membersikan lingkungan sekolah. Setiap kelas tersediah tempat sampah atau siswa
tidak membuang sampah sembarang. Selain itu, tempat sampah ada penggolongan
jenis sampah, yaitu organik dan anorganik.
b. Kebisingan
SD
ini terletak di pedesaan jadi tidak ada keributan aman nyaman dan tentram
c. Sanitasi
Sanitasi
kebutuhan air yang berada di SD YPK Elim Wobari lancar dan bersih.Tetapi jika
musim kemarau tiba, kebutuham air kurang terpenuhi karena air susah didapat.Dan
yang di gunakan air hujan
d. Jalan penghubung dengan sekolah
Jalan
disekitar sekolah kondisinya baik,bahkan jalan menuju sekolah merupakan jalan
raya desa wobari sehingga saat berangkat ataupun pulang sekolah jalan sangat ramai
e. Masyarakat sekitar sekolah
SD
YPK Elim Wobari berada dilingkungan perumahan dan sebagai wiraswasta,dan
petani.Namun komunikasi dengan pihak sekolah tetap terjalin dengan baik.
3. FASILITAS SEKOLAH
1.Ruangan
1.1.Ruang kelas
Terdiri
dari 6 ruangan yang berukuran kurang lebih 9x7 m, dan terdiri dari kelas 1
sampai kelas 6 .Ruangan ini dilengkapi peralatan dan perlengkapan sebagai
berikut:
Kelas I
Kelas
II
Kelas II
Kelas
IV
Kelas V
Kelas
VI
1. Meja dan kursi guru
2. Meja dan kursi siswa
3. Almari kelas
4. Almari penyimpangan protofolio
5.
Papan tulis
6.
Papan absen dan tata tertib
7.
Jam dinding,foto presiden dan wakil presiden.serta gambar garuda
8.
Perlengkapan administrasi kelas,meliputi jadwal piket dan kalender pendidikan
9.
Gambar penunjang pelajaran
1.2. Ruang kepala sekolah
Ruang
kepala sekolah keberadanya menyatu dngan
ruang guru dan terletak di sebelah barat ruang kelas.Ruang kepala sekolah dan
kantor memiliki sarana dan prasaran yang mencakup antara lain:
1.
Meja,Kursi kepala sekolah
2.
Meja dan kursi tamu
3.
Almari tempat penyimpanan arsip-arsip administrasi
4.
Struktur organisasi sekolah
5.
Struktur komite sekolah
6.
Kalender
.
4. Visi dan misi sekolah
Visi:
Membentuk
peserta didik yang berpengetahuan,berahlak mulia,berbudaya dan memiliki
ketrapilan serta berbudi pekerti.
Misi:
a. Menyiapkan
peserta didik yang memiliki pengetahan dan berakhlak mulia
b. Meningkatkan
peserta belajar atau peserta didik
c. Menjalani
kerja sama yang baik antar warga sekolah dan lingkungan
d. Meningkat
peserta di bidang ekstra kurikuler dalam rangka meningkatkan bakat dan minat
peserta didik.
Sekolah
memilih Visi dan Misi ini kerana mengacu kepada tujuan pendidikan nasional.Visi
dan Misi ini menjadi tolak ukur atau tujuan yang akan dicapai. Dengan Visi dan
Misi ini anak diharapkan setelah keluar dari sekolah bisa menjadi pribadi yang
cerdas,terampil dan berbudi pekerti luhur seperti yang tercantum dari Visi dan
Misi diatas.
5.
Prestasi-prestasi akademik dan nonakademik
a.Prestasi
Akademik
Prestasi
akademik yang dicapai oleh SD YPK Elim Wobari adalah dalam bidang mata
pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA di tingkat kecamatan.
b.Prestasi
Nonakademik
yang
dicapai oleh sekolah ini adalah dalam bidang seni olah raga, dan pramuka
Program
yang dimiliki oleh SD YPK Elim Wobari (terlampir)
SD
YPK Elim Wobari memilih program ini sebagai program unggulan sekolah di
karenakan sesuai dengan Visi dan Misi dan tujuan Pendidikan Nasional
6.Kiat-kiat/ kunci keberhasilan
sekolah dalam mencapai prestasi.
Prestasi
yang di dapat oleh sekolah ini adalah dari hasil pelatihan yang separtan dan
kontino kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan oleh sekolah.Dan juga harus
disiplin,guru telaten,adanya motivasi dan semuanya tak terlepas dari pran orang
tua.
7. Keadaan interaksi sosial di
sekolah
Kehidupan
SD YPK Elim Wobari sangat baik dan memiliki hubungan kekeluargaan yang sangat
baik.Hubungan dengan kepala sekolah,hubungan dengan guru dan hubungan dengan
staf guru.Hubungan antara guru dan siswa terjalin dengan erat.Dimana guru
berperang sebagai pengajar,pembimbing,dan orang tua kedua bagi siswa dan memberikan nasihat yang
baik.Siswa juga tetap menghormati guru.Guru selalu menerapkan sikap hormat
menghormati,saling menghargai dan menyanyangi.Hubungan antara siswa terjalin
dalam kegiatan belajar mengajar
a.Interaksi
kepala sekolah dengan guru-guru
Interaksi
kepala sekolah dengan guru-guru SD YPK Elim Wobari terjalin dengan baik untuk
meningkatkan mutu pembelajaran dan memberikan pengarahan-pengarahan dan
memberikan saran,serta masukan bagi guru,agar dapat melaksanakan proses
pembelajaran dengan hasil maksimal sesuai dengan tujuan yang ingin di capai
b.Interaksi
diantara para guru
Hubungan
guru dengan guru sangat baik.Diantara guru saling bekerja sama dalam
melaksanakan tugas yang berkaitan dengan sekolah dan masalah-masalah yang
terjadi di sekolah.selain itu para guru juga berada dalam satu ruangan yang
mengakibatkan komunikasi tetap berjaln dengan lancar.Hubungan yang terjadi ini
dapat memberikan contoh yang positif bagi peserta didik
c.Interaksi
guru dengan siswa
Interaksi
antara guru dengan siswa dapat terlihat ketika berlangsungnya proses belajar
mengajar didalam kelas.Guru dan siswa tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan
sosial di lingkungan sekolah baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun diluar
kegiatan belajar KBM.Oleh karena itu,guru harus dapat menempatkan dirinya
dalam:
1.1 Guru
sebagai pendidik
Guru menempatkan diri
sebagai fasilitator bagi siswa untuk dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan.
1.2 Guru
sebagai orang tua
Guru merupakan orang
tua kedua bagi yang memberikan bimbingan kepada siswa dan menerapkan
nilai-nilai positif bagi siswa,sehingga dapat di jadikan sebagai teladan.
1.3 Guru
sebagai teman
Guru sebagai teman
dapat diartikan bahwa guru dapat di jadikan teman bagi siswa untuk berkeluh
kesah seperti layaknya teman sebaya sehingga guru dapat mengetahui secara lebih
mendalam tentang pribadi peserta didik
1.4 Interaksi
di antara para siswa
Interaksi antara siswa dengan siswa terjalin dengan
baik. Mereka bersosialisasi pada saat kegiatan belajar,istirahat maupun setelah
kegiatan belajar mengajar
.
8. Rumusan tata tertib di SD YPK
Elim Wobari dan pelaksanaannya
a.Tata tertib sekolah
1.
Anak- anak harus sudah hadir disekolah 5
menit, paling lambat sebelum lonceng masuk berbunyi
2.
Berbaris dengan tertib diatur oleh ketua
kelas
3.
Sebelum pelajaran dimulai dan pada akhir
pelajaran anak - anak berdoa sesuai dengan agamanya / kepercayaannya masing –
masing
4.
Anak harus selalu mengikuti upacara
sekolah dengan tertib
5.
Anak – anak harus memakaia pakaian yang
rapih dan bersih / seragam sekolah yang telah ditentukan. Sesuai dengan hari –
harinya
6.
Anak – anak yang berpakaian seragam,
baju kemejanya harus ke dalam
7.
Tidak dibenarkan berkuku panjang,
berambut gondrong dan bagi anak- anak
wanita dilarang memakaian perhiasan yang mencolok ke sekolah
8.
Selalu hormat kepada tamu yang hadir di
sekolah
9.
Harus patuh kepada tata tertib yang
telah ditentukan sekolah
10.
Bila tidak masuk sekolah orang tua /
wali anak, harus memberitahukan dengan lisan / tertulis ke sekolah
11.
Peliharalah buku dan alat perlengkapan
lainnya secara rapih dan bersih
12.
Pada waktu istirahat tidak dibenarkan jajan
diluar pekarangan sekolah
13.
Harus membantu menjaga kebersihan
sekolah. Membuang sampah pada tempatnya
14.
Bersihkan / siram kembali WC setelah
habis dipergunakan
15.
Buang air harus di tempat yang telah di
tentukan
16.
Dilarang mencoret bangku, meja, pintu,
jendela dan tembok sekolah
Jaga dan peliharalah
tanaman – tanaman yang ada di pekarangan sekolah
Dilarang keras merokok
Tidak dibenarkan
membawa uang jajan yang berlebihan
Harus menjaga nama baik
sekolah dimanapun.
Tata tertib guru
1.Guru harus hadir
selambat-lambatnya sebelum pelajaran di mulai
2.Guru wajib mengisi
daftar hadir dengan mencantumkan jam datang dan pulang
3..Guru yang terlambat
atau meninggalkan sekolah sebelum jam pulang harus ijin kepala sekolah dan
mengisi buku tertib
4.Guru piket bertugas
mengawasi piket kelas atau sekolah dan bertanggung jawab terhadap keamanan dan
ketertiban sekolah serta mengatur waktu pelajaran.
5.Guru piket mengawasi
siswa waktu istirahat berlangsung.
6.Pakaian Guru
7.Guru harus berpakaian
sopan,bersih dan tiadak berlebihan
8.Guru tidak boleh
makan saat pelajarn berlangsung.
a.Senin :Linmas
b. selasa : Keki
c.Rabu : Keki / batik papua
d.Kamis : Batik papua
e.Jumat : Pakaian
Olah Raga/Pramuka
f.Sabtu :
Bebas Rapi
9.Guru wajib mengawasi
pelaksanaan senam (SKJ/SPI) secara langsung
10.Guru wajib menjaga
keutuhan,kekeluargaan guru dan nama baik sekolah
b.
Kewajiban guru
a.
Melaksanakan Tugas yang di berikan
kepala sekolah
b.
Melaksanakan tata tertib sekolah
sebaik-baiknya
c.
Mengisi daftar hadir guru, murid, jumlah
kelas
d.
Pakai seragam yang di tentukan / sekolah
pakaian bebas, rapih dan bersepatu
e.
Membantu kelancaran proses belajar
mengajar
f.
Membawah perangkat program pelajaran
yang sesuai bidang studi masing – masing
g.
Ikut bertanggung jawab atas keberhasilan
keamanan ketertiban, keindahan sekolah.
h.
Saling menghargai menghormati sesama
warga sekolah
i.
Mengikuti atau melaksanakan semua
kegiatan yang dilakukan sekolah
c.
Larangan
a.
Meninggalkan kelas setelah proses KBM
berlangsung.
b.
Makan, minum dan merokok dalam kelas
atau kantor
c.
Meninggalkan kelas sebelum bel dan ganti
pelajaran / istirahat / bel pulang berbunyi kecuali ada ijin dari guru piket /
kepala sekolah
d.
Kesekolah atau kantor tidak berpakaian
rapi atau tidak bersepatu
e.
Membicarakan guru-guru tentang hal-hal
yang negatif di depan kelas atau siswa
Pelaksanaannya:
Dari pengamatan dan hasil waancara kami dengan para guru, bahwa tata tertib ini
berjalan dengan baik dan semua guru telah menjalankan tugas-tugasnya dengan
baik. Dan tata tertib ini juga berlaku bagi kepala sekolah.
d.
Tata tertib siswa
TATA TERTIB SEKOLAH
SD
YPK ELIM WOBARI
Peraturan siswa untuk
Kelas I s.d Kelas II
1.
Semua warga kelas berusaha meningkatkan
keamanan dan ketakwaan kepada Allah
2.
Setiap anak harus dapat bersenang-senang
3.
Setiap anak harus belajar
4.
Setiapa anak harus melakukan tugasnya
5.
Setiap anak harus saling menghargai
Peraturan Kelas III s.d
Kelas VI
1. Semua
warga kelas berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah
2. Semua
warga kelas berusaha meningkatkan disiplin diri
3. Semua
warga kelas menciptakan suasana aman di kelas
4. Semua
warga kelas membudayakan hidup bersih, indah dan sehat
5. Semua
warga kelas aktif dan kreatif dalam belajar
Pelaksanaannya
:
dari hasil pengamatan kami, semua peraturan berjalan dengan baik. Dan semua
siswa mematuhi semua peraturan yang telah dibuat dari pihak sekolah.
9.
Bentuk kependidikan karakter Bangsa dan Pengembangan Diri siswa di SD YPK Elim
Wobari
NO
|
Nilai
|
Deskripsi
|
1
|
Relegius
|
Sikap
dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk
agama lain.
|
2
|
Jujur
|
Perilaku
yang didasarkan pada upaya menjadi dirinya sebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan,tindakan dan pekerjaan.
|
3
|
Toleransi
|
Sikap
dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku,etnis,pendapat,sikap dan
tindakan orang lain yang berbeda dari dikrinya.
|
4
|
Disiplin
|
Tindakan
yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada bagian ketentuan dan peraturan
|
5
|
Kerja
Keras
|
Perilaku
yang menujukan upaya sungguh-sungguh
dalam mengatasi berbagai hambatan belajar.Tugas dan menyelesaikan
tugas dengan sebaik-baiknya
|
6
|
Krestif
|
Berpikir
dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu
yang telah dimiliki
|
7
|
Mandiri
|
Sikap
dan perilaku yang tidak muda tergantug pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas
|
8
|
Demokratis
|
Cara
berpikir, bersikap. Dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya
dan orang lain
|
9
|
Rasa
ingin tahu
|
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari suatu yang di pelajari dilihat
dan didengar
|
10
|
Semangat
kebangsaan
|
Cara
berpikir,bertindak dan berwawasan yang menetapkan kepentingan bangsa dan
negara diatas kepentigan diri dan kelompoknya
|
11
|
Cinta
tanah air
|
Cara
berpikir,bersikap dan berbuat yang menunjukan kesetiaan kepedulian dan
penghargaan yang tinggi terhadap bangsa.Lingkungan social budaya ekonomi dan
politik bangsa.
|
12
|
Menghargai
prestasi
|
Sikap
dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna
bagi bangsa mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain
|
13
|
Bersahabat
komunikatif
|
Tindakan
yang memperlihatkan rasa senang bicara,bergaul dan bekerja sama dengan orang
lain.
|
14
|
Cinta
damai
|
Sikap
perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain meresa senang dan aman
atas kehadirannya.
|
15
|
Gemar
membaca
|
Kebiasaan
menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan
bagi orang lain
|
16
|
Peduli
lingkungan
|
Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam
disekitarnya dan mengembangkan upaya memperbaiki kerusakan alam di sudah
terjadi
|
17
|
Peduli
sosial
|
Sikap
dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat
yang membutuhkan
|
18
|
Tanggung
jawab
|
Sikap
dan perilaku seseorang untuk melakukan tugas dan kewajiban yang seharusnya
dia lakukan terhadap diri sendiri. Masyarakat lingkungan (alam sosial dan
budaya). Negara dan Tuhan Yang Maha Esa
|
10. Bentuk pendidikan Lingkungan
Hidup di SD YPK Elim Wobari
Bentuk
kependidikan lingkungan hidup di sekolah ini dengan cara peghijauan. Dan juga
seluruh siswa wajib menjaga kebesrihan lingkungan seperti membuan sampah pada
tempatnya dan setiap pulang sekolah para siswa wajib membersihkan kelas
terlebih dahulu
11. Bidang pengelolaan dan
administrasi sekolah
a. Administrasi sekolah
Administrasi
sekolah adalah pengaturan dan pendayagunaan segenap sumber daya sekolah secara
efektif dan efisien dalam penyelenggaraan pendidikan agara tujuan pendidikan di
sekolah tercapai secara optimal.
§ .Jumlah
siswa dan sebaranya disetiap kelas
Jumlah siswa yang ada
di SD YPK Elim Wobari adalah 53 siswa. Dengan sebarannya disetiap kelas:
Kelas
I : 15 siswa P :8 L
:7
Kelas
II : 11 siswa P :8 L
:3
Kelas
III : 6 siswa P
:1 L:5
Kelas
IV : 3 siswa P
:1 L:2
Kelas V : 7
siswa P :4 L:3
Kelas VI : 11 siswa P :6 L:5
§ Keadaan tingkat ekonomi-sosial orang
tua siswa
Berdasarkan
hasil wawancara kami dengan guru,bahwa tingkat ekonomi-sosial orang tua siswa
di SD YPK Elim Wobari adalah menengah kebawah. Karena sebagian besar orang tua
siswa bekerja sebagai nelayan dan petani.
1.Administrasi
peserta didik
2.Administrasi
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta struktur organisasinya.
3.Administrasi
keuangan
4.Administrasi
sarana dan prasarana
5.Administrasi
hubungan sekolah dengan masyarakat
6.Administrasi
layanan khusus (Bimbingan Konseing). Unit kesehatan siswa, unit koperasi
sekolah dan kegiatan ekstrakulikuler.
SD
YPK Elim Wobari merupakan SD yang sudah menerapkan pengelolaaan /
administrasi sekolah dengan sangat baik.
Semua sumber daya kekuatan serta potensi di sekolah ini diberdayakan secara
maksimal. Dalam melaksanakan kegiatan administrasi SD YPK Elim Wobari menerapkan
pembagian tugas atau jabatan sehingga semua peran bisa berjalan dengan
terkendali dan dapat di pertanggungjawabkan. Pembagian tugas tersebut sesuai
dengan jabatan yang ampu oleh masing-masing masyarakat sekolah.
Komite sekolah adalah lembaga
mandiri yang beranggotakan orang tua/wali pesrta didik, komunitas sekolah serta
tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Komite sekolah berfungsi sebagai pemberi
pengembangan pendukung program,pengontrol dan bahkan mediator. Peran komite
sekolah sangatlah vital, terutama dengan penyusunan atau pembuatan program
sekolah. Program sekolah disusun berdasarkan musyawarah mufakat sekolah antara
pihak sekolah dengan komite sekolah yang nantinya akan di pertanggungjawabkan
oleh sekolah kepada masyarakat melalui komite sekolah. Jadi, semua kegiatan dan
program sekolah diketahui dan di awasi oleh masyarakat dalam hal ini komite
sekolah.
b. Administrasi Kelas
Sebagaimana
administrasi sekolah, di dalam kelas juga menerapkan struktur pengurusan
sekolah yang terdiri dari para siswa dan di awasi oleh guru kelas maing-masing.
Umumnya struktur organisasi kelas terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara.
Selain terdapat struktur organisasi, didalam kelas juga telah di bentuk jadwal
regu piket harian guna menjaga keberhasilan di dalam kelas.
1.
Administrasi sarana dan prasarana sekolah diolah dengan sangat baik, semua
masyarakat sekolah mempunyai peranan masing-masing dalam menjaga dan merawat
sarana dan prasarana yang dimiliki disekolah.
2.
Administrasi media pembelajaran diserahkan kepada kelas. Jadi, warga kelas yang
bertanggungjawab mengelola menjaga serta merawat berbagai media pembelajaran
masing-masing kelas.
a. Buku daftar nilai
b. Buku daftar kelas
c. Program tahunan
d. Program semester
e. Program harian/ Rencana harian (RH)
f. Rencana Pelaksanaa Pembelajaraan (RPP)
g. Buku bimbingan/ Penyuluhan (konseling)
h. Buku Bank soal
i. buku Ekstra Kurikuler (meliputi: Program dan
Pelaksanaan serta hasi kegiatan)
j. Buku Penerimaan rapor,
k.
Buku Keuangan ( Tabungan siswa, dll)
l. buku analisis Penilaian / Perbaikan
m.
Buku Kepribadian Siswa,
n. Buku Inventaris Kelas
o. Jadwal Pelajaran
p. Jadwal Piket / regu Kerja Siswa
q. Papan Absen
r. Papan Monografi Kelas, yang memuat data
siswa/grafik absen,dll.
10.
Tugas-tugas Kepala Sekolah,Guru dan Tenaga Kependidikan
1.
Profil Kepala Sekolah
Nama :
Semulina Kandai Ama.Pd
Nip :
195504271973042001
Tempat tanggal lahir : Risei-sayati 27
april 1955
Agama :
Kristen Protestan
Ijasa dan tahun : D3 2002
Nomor seri karpeg :
TMT capeg :
Di sekolah ini : 01/04/1973
Golongan :
III/C
Mengajar dikelas/jam :III-IV/6 jam
2.
Tugas administrasi yang dikerjakan oleh kepala sekolah
Tugas
pokok kepala sekolah
a. Educator:
pendidik. Kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahn dan tetap wajib
mengajar sebanyak 6 jam
b. Manager:
Kepala sekolah juga sebagai manager yang tugasnya membagi tugas bagi
seluruh pekerjaan yang ada di satuan
pendidikan
c. Administrator:
Seorang kepala sekolah sebagai seorang administrator yang tugasnya mengerjakan
administrasi sekolah.
d. Supervisior:
Kepala sekolah bertugas menyusun pergram supervisi sekolah,memanfaatkan hasil
supervisi
e. Leader:
Sebagai pemimpin kepala sekolah bertugas menyusun dan mengsosialisasikan visi
dan misi suatu program sekolah,mengambil
keputusan melakukan komunikasi.
f. Inovator:
Sebagai inovator kepala sekolah bertugas
mencari dan melakukan pembaharuan dalam berbagai aspek
g. Motivator:
Sebagai motivator kepala sekolah bertugas menyihir lingkungan kerja, suasana
kerja, membangun prinsip penghargaan dan hukuman yang sistematik
Berkenaan
dengan tugas kepala sekolah sebagai administrator. Kepala sekolah di SD YPK
Elim Wobari mempunyai tugas administrator seperti: administrasi KBM, keuangan
(BOS) dan kepegawaian. Mengenai keuangan, kepala sekolah mengatur dana BOS yang
ada sebaik-baiknya sesuai dengan
kebutuhan sekolah
3.
Profil guru di SD YPK Elim Wobari
a. Nama :
Debora Warikar. Ama.Pd
NIP :
198512282009092003
Tempat
dan tanggal lahir :
Serui,28 - 12 - 1985
Agama
:
Kristen Protestan
Ijasah
dan tahun :
D-2,2007
Golongan/pangkat : II/B
Mengajar
di kelas/jam : V dan VI/36 jam
b. Nama :Novita
Kapisa
Nip :-
Tempat
tanggal lahir :Jayapura/Abepura
08 10 1982
Agama :Krisen
Protestan
Ijasah
dan tahun :SMK
Kejuruan,1999
Golangan/pangkat :-
Mengajar
di kelas/ jam :I-II/24
jam
4.Tugas-tugas
administrasi yang dikerjakan guru
Administrasi
yang dikerjakan guru, antara lain:
1.Buku
daftar nilai, meliputi nilai ulangan harian, tugas-tugas atau pekerjaan rumah
dan protofolio berikut rekapitulasinya.
2.Buku
daftar kelas: meliputi mutasi siswa, presensi/absen,data siswa dan orang tua
/wali siswa dll.
3.Program
tahunan (biasa di singkat PROTA ), berisi
matrik rencana pembelajaran selama 2 semester ( 2 x 6 bulan) / 12 bulan.
4.
Program semester (biasa di singkat PROMES) di dalamnya memuat: Standar Kompetensi
(SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator (ID), materi pokok (MP), alokasi waktu
(AW), penilaian (jenis dan bentuknya) serta alat.
5.
Program harian / rencana harian ( RH) berupa format singkat yang memuat:
hari/tanggal (Nomor) SK (Nomor), KD, Indikator, Alat / sumber serta keterangan.
6.Rencana
Pelaksanaaan Pembelajaran (RPP) pada sebuah RPP memuata beberapa hal yaitu:
Nama mata pelajaran ( Mapel), Kompetensi Dasar (KD), Indikator tema (untuk
kelas rendah/1-3), alokasi waktu kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir
dan penilaian.
7.
Buku Bimbingan atau penyuluhan (Konseling)
8.
Buku bank soal
9.
Buku kegiatan ektrakurikuer ( meliputi : Program dan pelaksanaan serta hasil
kegiatan)
10.
Buku Penerimaan rapor
11.
Buku keuangan ( tabungan siswa dll )
12.
Buku analisis penilaian / perbaikan
13.
Buku Kepribadian siswa
14.
Buku Invertaris kelas
15.
Jadwal pelajaran
16. Jadwal piket / regu kerja siswa
17.
Papan Absen
5.Kegiatan
Guru Dalam Kelompok Kerja Guru (KKG)
Kegiatan
KKG ini berlangsung secara baik di SD YPK Elim Wobari ini. Kegiatan ini guna
memecahkan, menemukan, mencari hal-hal yang di temukan di kelas atau pada saat
proses belajar mengajar ( KBM ) untuk mencari solusi yang baik.
12. Kegiatan Ekstrakurikuler
Jenis
kegiatan ekstrakurikuler yang di laksanakan adalah sebagai berikut:
1. Pramuka
2. Olah
raga
3. Les
IPA
4. Matematika
5. Les
bahasa indonesia
Kegiatan
ekstrakurikuler ini berjalan dengan lancar di mana setiapa siswa
sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini.
BAB
II
PENUTUP
A.Kesimpulan
SD YPK Elim Wobari terletak di jalan
raya Trans waropen mempunyai luas 2025x125 m2.
Sekolah ini mempunyai 6 ruang kelas dan 53 siswa. Jumlah guru beserta kepala
sekolah 4 guru. Interaksi yang terjalin antara kepala sekolah, guru dan siswa
berjalan dengan baik. Kepala sekolah mau pun guru menjalangkan tugasnya sesuai
dengan tanggung jawab yang penuh yaitu mereka mampu menjalangkannya sesui
dengan tugas masing-masing. Juga tata tertib ini di jalanka oleh semua warga
sekolah baik kepala sekolah, guru dan siswa.
Di sekolah ini ada lima kegiatan
ekstra kurikuler yaitu: Pramuka, Olah raga,les IPA,Matematika dan Bahasa
Indonesia. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, Dikarenakan semua program
disekolah ini berjalan dengan lancar, baik ekstra kurikuler maupun intra
kurikuler membuat sekolah ini memiliki prestasi dibidang akademik dan non
akademik.
B. Saran
Fisik sekolah juga menentukan berhasil
tidaknya proses pembelajaran disekolah. Ruang yang nyaman akan membuat siswa
juga nyaman untuk belajar. Julmah guru masih kurang dan guru harus ada
penyesuaian dengan jumlah ruang kelas
dan murid. Jumlah guru dan tenaga kependidikan juga mempengaruhi proses
pembelejaran disekolah, sebaiknya guru
tidak merangkap menjadi tenaga kependidikan karena akan berpengaruh tidak baik
kepada tugasnya sebagai seorang guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar