Jumat, 06 Desember 2013

Bahan Ajar Cetak PPGT UNNES



BAHAN AJAR CETAK

PEMBELAJARAN SD
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas V

Disusun Oleh:

Sri Lestari Munung Sughiarti, S.Pd                (1401512018)
Fitriani Abdullah, S.Pd                                   (1401512020)
Afdzol Alief Fil’ard, S.pd                               (1401512021)
Leja Sopia Kandai, S.pd                                 (1401512031)
Anastasia Klau Tetik, S.Pd                              (1401512032)

Rombel PPGT


Description: C:\Users\toshiba\Documents\BK kelompok shally\Malik Al-Masini  POLA PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH_files\UNNES.jpg
 
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013





DAFTAR ISI

DAFTAR ISI                          .................................................................................               i
KATA PENGANTAR           .................................................................................               ii
PENDAHULUAN                 .................................................................................               1
PEMBAHASAN                   
  1. Materi                          ................................................................................                2
  2. Rangkuman                 ................................................................................                7
  3. Tes Formatif                ................................................................................                8
  4. Kunci Jawaban            ................................................................................                11
  5. Penskoran                    ................................................................................                12

DAFTAR PUSTAKA                        ................................................................................                13














KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah SWT  atas segala limpahan Rahmat, serta karunia Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan buku ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga buku ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.
Harapan kami semoga buku ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi buku ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Buku  ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan buku ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua para pembaca buku ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.














PENDAHULUAN

Saat akan makan, pertama-tama yang kamu lakukan melihat makananmu. Setelah itu, kamu akan mencium aromanya kemudian mencicipinya. Setelah makanan berada di mulut, kamu akan mengunyah makanan tersebut. Pada akhirnya kamu menelan makananmu itu. Itulah awal perjalanan makanan menuju sistem pencernaan. Bagaimana perjalanan makanan di dalam sistem pencernaanmu? Apa saja makanan yang kamu perlukan agar tubuhmu sehat dan kuat?
Kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut setelah mempelajari materi
pada bab ini. Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diolah melalui proses pencernaan.
Proses pencernaan adalah proses penghancuran makanan menjadi zat-zat makanan
yang dapat diserap tubuh. Alat yang berfungsi untuk menghancurkan makanan ini disebut
alat pencernaan. Selain alat-alat pencernaan, dalam tubuh kita juga terdapat kelenjar
pencernaan. Misalnya, hati dan kelenjar pankreas. Kelenjar pencernaan membantu
alat-alat pencernaan dalam mencerna makanan.
























PEMBAHASAN

Mengidentifikasi Fungsi Organ Pencernaan Manusia

1.      Pengertian Alat Pencernaan
Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diolah melalui proses pencernaan. Proses pencernaan adalah proses penghancuran makanan menjadi zat-zat makanan yang dapat diserap tubuh. Alat yang berfungsi untuk menghancurkan makanan ini disebut alat pencernaan. Selain alat-alat pencernaan, dalam tubuh kita juga terdapat kelenjar pencernaan. Misalnya, hati dan kelenjar pankreas. Kelenjar pencernaan membantu alat-alat pencernaan dalam mencerna makanan.

2.      Alat Pencernaan pada Manusia
Alat-alat pencernaan manusia terdiri atas mulut,kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Coba perhatikan gambar di bawah ini!
Description: [image%255B6%255D.png]
A.    Mulut
Makanan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Di dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan air ludah (air liur). Ketiga komponen itu berperan untuk mencerna makanan di dalam mulut. Gigi dan lidah mencerna makanan secara mekanis. Air ludah mencerna makanan secara kimiawi. Pencernaan secara mekanis merupakan pencernaan makanan dengan cara dikunyah oleh gigi dan dibantu lidah. Sementara itu, pencernaan kimiawi merupakan pencernaan makanan yang dilakukan oleh enzim.
a.      Gigi
Gigi berfungsi menghancurkan makanan yang masuk dalam rongga mulut. Berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi dibedakan menjadi tiga yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Gigi seri untuk memotong makanan, gigi taring untuk mengoyak makanan  dan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Gigi geraham dibedakan menjadi geraham depan dan geraham belakang.
Description: [image%255B13%255D.png]
Gambar Gigi Manusia

b.      Lidah
Lidah berfungsi untuk mengatur letak makanan saat dikunyah, membantu menelan makanan dan mengecap rasa makanan. Lidah peka terhadap panas, dingin dan adanya tekanan. Lidah dapat mengecap makanan karena pada permukaannya terdapat bintil-bintil lidah. Pada bintil-bintil lidah terdapat saraf pengecap. Setiap permukaan lidah mempunyai kepekaan rasa yang berbeda.
Description: [image%255B16%255D.png]
c.       Air Liur
Saat makanan dikunyah dalam mulut, makanan dibasahi oleh air liur. Makanan menjadi licin dan mudah ditelan. Selain itu, air liur mengandung enzim ptialin atau amilase. Enzim ini berfungsi untuk mencerna zat tepung (amilum) secara kimiawi menjadi zat gula. Itulah sebabnya, saat mengunyah nasi dalam waktu lama kita akan merasakan manis.Pencernaan seperti ini merupakan contoh pencernaan kimiawi.

B.     Kerongkongan
Kerongkongan merupakan penghubung antara rongga mulut dan lambung. Kerongkongan berupa saluran yang panjangnya kira-kira 20 cm. Kerongkongan terdiri atas otot yang lentur. Makanan yang berada di dalam kerongkongan akan didorong oleh dinding kerongkongan menuju lambung. Gerakan seperti ini disebut gerak peristaltik. Gerak peristaltik dilakukan oleh otot dinding kerongkongan.

C.    Lambung
Lambung adalah alat pencernaan berotot yang berbentuk seperti kantong. Bagian dalam dinding lambung berlipat-lipat. Bagian ini berguna untuk mengaduk makanan yang berasal dari kerongkongan. Dinding lambung juga menghasilkan asam klorida. Asam klorida atau asam lambung berguna untuk membunuh kuman-kuman yang masuk bersama makanan.
Selain itu, di dalam lambung terdapat enzim pepsin dan renin. Enzim renin berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kasein. Enzim pepsin berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino. Di dalam lambung ini terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi.

D.    Usus Halus
Setelah dicerna di lambung, makanan masuk ke usus halus. Usus halus ini sebenarnya sangat panjang, tetapi melipat-lipat di perut kita. Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap. Di dalam usus dua belas jari, makanan dicerna secara kimiawi.
Pencernaan itu dilakukan oleh getah empedu dan getah pankreas. Getah empedu dihasilkan oleh hati. Getah empedu berfungsi untuk mencerna lemak. Beberapa enzim yang dihasilkan getah pankreas sebagai berikut.
a. Enzim amilase, berfungsi mengubah zat tepung menjadi gula.
b. Enzim tripsin, berfungsi mengubah protein menjadi asam amino.
c. Enzim lipase, berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak.

E.     Usus Besar
Usus besar merupakan kelanjutan dari usus halus. Usus besar terdiri atas usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun. Di dalam usus besar terjadi penyerapan air dan garam-garam mineral. Selanjutnya, sisa makanan dibusukkan oleh bakteri pembusuk di dalam usus besar. Hasil pembusukan berupa bahan padat, cair, dan gas.

F.     Anus
Bagian akhir dari saluran pencernaan berupa lubang keluar yang disebut anus. Sisa pencernaan dari usus besar dikeluarkan melalui anus. Bahan padat hasil pembusukan dikeluarkan sebagai tinja dan gas. Gas dikeluarkan berupa kentut. Sisa pencernaan yang berupa cairan disalurkan dan disaring dalam ginjal. Cairan yang tidak berguna dikeluarkan melalui lubang kemih berupa air seni.

3.      Penyakit pada Alat Pencernaan
Berbagai penyakit dan gangguan (kelainan) dapat menyerang alat pencernaan. Penyakit dan gangguan itu dapat disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, juga karena masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh seperti bakteri dan virus. Di bawah ini beberapa penyakit yang dapat menyerang alat-alat pencernaan.
a.      Mag (Radang Lambung)
Penyakit ini ditandai dengan gejala lambung terasa perih dan mual. Penyakit mag disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika kita tidak segera makan pada saat lapar, lambung menjadi kosong. Akibatnya, asam lambung (asam klorida) yang dihasilkan untuk mencerna makanan melukai lambung.
b.      Apendisitis (Radang Umbai Cacing)
Radang pada umbai cacing ditandai dengan sakit pada perut sebelah kanan bawah dan biasanya disertai demam. Umbai cacing (apendiks) adalah tonjolan kecil pada usus buntu (sekum). Penyakit ini disebabkan adanya makanan yang masuk di apendiks dan membusuk. Pembusukan makanan di apendiks tersebut dapat mengakibatkan radang.
c.       Disentri
Penyakit disentri disebabkan oleh bakteri. Alat pencernaan yang diserang yaitu usus. Penyakit ini ditandai dengan muntah-muntah dan buang air besar terusmenerus. Disentri dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan makanan dan perlengkapan makan.


d.      Sembelit
Gejala penyakit sembelit yaitu susah buang air besar. Penyakit ini disebabkan makanan yang kita makan kurang berserat. Makanan kurang serat dapat mengganggu proses pencernaan. Serat makanan membantu penyerapan air di usus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air. Akibatnya, sisa makanan menjadi padat sehingga sulit dikeluarkan. Contoh makanan berserat yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan.

4.      Hubungan Makanan dengan Kesehatan
1. Makanan Bergizi
Makanan bergizi sebagai sumber energi, bahan pembangun, pelindung tubuh, dan
pengatur tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi beberapa fungsi tersebut, kita harus makan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi yaitu makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Adapun zat gizi yang diperlukan tubuh yaitu
karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.
2. Makanan Bergizi Seimbang
Makanan yang kita makan harus bergizi seimbang. Makanan dikatakan bergizi seimbang jika mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin dalam jumlah tertentu.














Rangkuman

1. Proses pencernaan adalah proses penghancuran makanan menjadi zat-zat makanan
yang dapat diserap tubuh.
2. Sistem pencernaan manusia terdiri atas alat-alat pencernaan berikut:
a. Mulut, tempat mencerna makanan secara mekanik dan kimiawi. Pencernaan mekanik menggunakan gigi dan lidah. Pencernaan kimiawi menggunakan air ludah.
b. Kerongkongan, saluran untuk jalan makanan dari mulut ke lambung dengan adanya gerakan peristaltik.
c. Lambung, tempat mengaduk makanan secara mekanik dan kimiawi.
d. Usus halus, tempat penyerapan sari-sari makanan.
e. Usus besar, tempat penyerapan air dan garam-garam mineral serta pembusukan sisa makanan.
f.     Anus, tempat untuk mengeluarkan kotoran (sisa-sisa makanan).
3. Penyakit-penyakit yang menyerang organ pencernaan antara lain: mag, disentri, apendisitis, dan sembelit.
4. Cara-cara merawat organ pencernaan sebagai berikut.
a. Makan makanan yang bergizi seimbang.
b. Menjaga kebersihan alat-alat makan dan bahan makanan.
c. Makan secara teratur.
d. Menghindari makanan yang terlalu panas dan dingin.
e. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.
5. Zat-zat yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air.







Tes Formatif

A. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang pada a, b, c, atau d, pada jawaban yang paling tepat!
1.    Gigi seri berfungsi untuk..........
a. memotong makanan
b. mengoyak makanan
c. mengunyah makanan
d. membalik makanan
2.    Makanan setelah dicerna akan diserap dan disalurkan ke seluruh bagian tubuh. Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada . . . .
a. lambung
b. usus halus
c. usus besar
d. kerongkongan
3.    Pencernaan makanan secara kimiawi terjadi di . . . .
a. mulut dan kerongkongan
b. kerongkongan dan lambung
c. lambung dan usus halus
d. lambung dan usus besar
4.    Lambung menghasilkan beberapa cairan yang membantu pencernaan makanan. Salah satunya yaitu asam klorida yang berfungsi untuk . . . .
a. menyerap sari makanan
b. membunuh kuman yang masuk bersama makanan
c. melarutkan makanan yang keras
d. menghaluskan makanan
5.    Enzim ptialin berfungsi untuk mencerna karbohidrat menjadi zat-zat yang lebih sederhana. Enzim ptialin in iterdapat di dalam . . . .
a. usus halus
b. rongga mulut
c. lambung
d. Kerongkongan
6.    Penyakit dengan gejala bibir pecah pecah mudah menyerang jika kita . . . .
a. kekurangan vitamin C
b. makan tidak teratur
c. kekurangan kalsium
d. kekurangan air
7.    Saat terjadi pergantian musim, banyak orang mudah terserang penyakit. Bahan makanan yang dapat menjaga kondisi badan agar tidak mudah terserang penyakit yaitu . . . .
a. roti dan nasi
b. jagung dan singkong
c. keju dan sagu
d. jeruk dan mangga
8.    Menu makanan yang mengandung gizi seimbang yaitu . . . .
a. sepiring nasi, sepotong dendeng,sepotong tempe goreng, dan sebuah apel
b. sepiring nasi, semangkuk kecil sayur bayam, dan sepotong semangka
c. sepiring nasi, semangkuk kecil sayur kacang panjang, sebutir telur asin, dan sebuah pisang
d. sepiring nasi, sepotong singkong goreng, sepotong rendang daging, dan sebuah jeruk
9.    Ketika mencuci beras sebelum dimasak, sebaiknya jangan diremas remas terlalu keras. Tindakan ini bertujuan agar . . . .
a. vitamin B1 tidak rusak
b. vitamin B1 tidak larut dalam air
c. karbohidrat tidak rusak
d. karbohidrat tidak larut dalam air
10.  Kecambah kacang hijau mempunyai nilai gizi yang lebih baik jika dimakan . . . .
a. mentah, karena kandungan mineralnya tinggi
b. masak, karena vitaminnya bertambah
c. mentah, karena vitaminnya tidak rusak
d. masak, karena mineralnya tidak rusak
11.  Berikut ini yang tidak termasuk pola hidup sehat adalah …
a.  Makan makanan bergizi
b.   Istirahat teratur
c.  Olah raga teratur
d.  Merokok

12.  Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada …
a.  Lambung
b.  Usus besar
c.  Usus halus          
d   Kerongkongan
13.  Gerakan meremas-remas yang dilakukan oleh kerongkongan disebut …
a.  Parabolic
b.  Memutar
c.  Peristaltic
d.  Lurus
14.  Berikut ini manakah yang tidak termasuk gangguan /penyakit yang menyerang alat pencernaan pada manusia …
a.  Maag
b.  Apendisitis
c.  Haemofilia
d.  Disentri   
15.  Enzim pada lambung yang berfungsi untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein ialah enzim............
a. Pepsin       
b.Renin
c. Amilase
d.Lipase

B. Essay
1. Sebutkan tiga bentuk gigi manusia dan fungsinya!
2. Sebutkan lima macam penyakit pada alat pencernaan dan penyebabnya!
3. Sebutkan lima contoh bahan makanan sumber tenaga!
4. Sebutkan lima alat pencernaan yang kamu ketahui!
5. Sebutkan tiga macam cara memelihara alat pencernaan makanan!





Kunci Jawaban

A. Pilihan Ganda
1.      a
2.      a
3.      c
4.      b
5.      b
6.      a
7.      a
8.      b
9.      b
10.  b
11.  d
12.  a
13.  c
14.  c
15.  b

A.    Essay
1.      Gigi seri berguna untuk memotong makanan, Gigi taring berguna untuk mengoyak makanan dan Gigi geraham berguna untuk mengunyah makanan.
2.      a) Maag (Radang Lambung) disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak teratur.
b)      Apendisitis (Radang Umbai cacing) disebabkan adanya makanan yang masuk kedalam apediks dan membusuk.
c)      Disentri disebabkan oleh bakteri
d)     Sembelit disebabkan makanan yang kita makan kurang berserat.
3.      Gandum,beras, jagung, sagu dan ketela pohon.
4.      Mulut, Kerongkongan, Lambung, Usus halus dan Usus besar.
5.      a) Makan makanan yang bergizi dan seimbang
b)      Makan secara teratur
c)      Mencuci tangan sebelum makan
Penskoran

Pilihan Ganda :
Skor =  x 60

Essay :
Skor = 8 x B

Skor Total = skor pilihan ganda + skor essay

Ket. B = banyaknya butir yang dijawab benar
        N = banyaknya butir soal






















Daftar Pustaka
Buku IPA Salingtemas Kelas V SD dan MI, Wigati Hadi Omegawati dkk.

1 komentar:

  1. Casino Player Reviews & Ratings - DrmCD
    The Casino Player Experience is 정읍 출장샵 back! With an 영주 출장샵 all new player casino experience, 동두천 출장안마 the world of slots comes to 김해 출장마사지 an end. With over 700 부산광역 출장마사지 of the best video slots and

    BalasHapus