
PEMBELAJARAN SD
IPA (Ilmu Pengetahuan
Alam)
Kelas V
Disusun
Oleh:
Sri Lestari Munung
Sughiarti, S.Pd (1401512018)
Fitriani Abdullah, S.Pd (1401512020)
Afdzol Alief Fil’ard,
S.pd (1401512021)
Leja Sopia Kandai, S.pd (1401512031)
Anastasia Klau Tetik,
S.Pd (1401512032)
Rombel
PPGT
![]() |
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2013
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI ................................................................................. i
KATA PENGANTAR ................................................................................. ii
PENDAHULUAN ................................................................................. 1
PEMBAHASAN
- Materi ................................................................................ 2
- Rangkuman ................................................................................ 7
- Tes Formatif ................................................................................ 8
- Kunci Jawaban ................................................................................ 11
- Penskoran ................................................................................ 12
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................ 13
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan Rahmat, serta karunia Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan buku ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga buku ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.
Harapan
kami
semoga buku ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca,
sehingga kami
dapat memperbaiki bentuk maupun isi buku ini sehingga kedepannya dapat lebih
baik.
Buku ini kami akui
masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh
kerena itu
kami harapkan kepada para pembaca untuk
memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan buku ini.
Akhir
kata, kami
sampaikan terima kasih kepada semua para pembaca buku ini dari awal sampai
akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai
segala usaha kita. Amin.
PENDAHULUAN
Saat akan makan, pertama-tama yang kamu lakukan
melihat makananmu. Setelah itu, kamu akan mencium aromanya kemudian
mencicipinya. Setelah makanan berada di mulut, kamu akan mengunyah makanan
tersebut. Pada akhirnya kamu menelan makananmu itu. Itulah awal perjalanan
makanan menuju sistem pencernaan. Bagaimana perjalanan makanan di dalam sistem
pencernaanmu? Apa saja makanan yang kamu perlukan agar tubuhmu sehat dan kuat?
Kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
setelah mempelajari materi
pada bab ini.
Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diolah melalui proses pencernaan.
Proses
pencernaan adalah proses penghancuran makanan menjadi zat-zat makanan
yang dapat
diserap tubuh. Alat yang berfungsi untuk menghancurkan makanan ini disebut
alat pencernaan.
Selain alat-alat pencernaan, dalam tubuh kita juga terdapat kelenjar
pencernaan.
Misalnya, hati dan kelenjar pankreas. Kelenjar pencernaan membantu
alat-alat
pencernaan dalam mencerna makanan.
PEMBAHASAN
Mengidentifikasi
Fungsi Organ Pencernaan Manusia
1. Pengertian Alat Pencernaan
Makanan yang masuk ke
dalam tubuh kita akan diolah melalui proses pencernaan. Proses pencernaan adalah proses penghancuran makanan menjadi
zat-zat makanan yang dapat diserap tubuh.
Alat yang berfungsi untuk menghancurkan makanan ini disebut alat pencernaan.
Selain alat-alat pencernaan, dalam tubuh kita juga terdapat kelenjar pencernaan. Misalnya, hati dan
kelenjar pankreas. Kelenjar pencernaan membantu alat-alat pencernaan dalam mencerna makanan.
2. Alat Pencernaan pada Manusia
Alat-alat
pencernaan manusia terdiri atas mulut,kerongkongan, lambung, usus halus, usus
besar, dan anus. Coba perhatikan gambar di bawah ini!
![Description: [image%255B6%255D.png]](file:///C:\Users\toshiba\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.png)
A. Mulut
Makanan
masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Di dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah,
dan air ludah (air liur). Ketiga komponen itu berperan untuk mencerna makanan
di dalam mulut. Gigi dan lidah mencerna makanan secara mekanis. Air ludah
mencerna makanan secara kimiawi. Pencernaan secara mekanis merupakan pencernaan
makanan dengan cara dikunyah oleh gigi dan dibantu lidah. Sementara itu,
pencernaan kimiawi merupakan pencernaan makanan yang dilakukan oleh enzim.
a.
Gigi
Gigi berfungsi
menghancurkan makanan yang masuk dalam rongga mulut. Berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi dibedakan menjadi tiga yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi
geraham. Gigi seri untuk memotong makanan, gigi taring untuk mengoyak
makanan dan gigi geraham untuk mengunyah
makanan. Gigi geraham dibedakan menjadi geraham depan dan geraham belakang.
![Description: [image%255B13%255D.png]](file:///C:\Users\toshiba\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image008.png)
Gambar Gigi Manusia
b.
Lidah
Lidah berfungsi untuk
mengatur letak makanan saat dikunyah, membantu menelan makanan dan mengecap
rasa makanan. Lidah peka terhadap panas, dingin dan adanya tekanan. Lidah dapat
mengecap makanan karena pada permukaannya terdapat bintil-bintil lidah. Pada
bintil-bintil lidah terdapat saraf pengecap. Setiap permukaan lidah mempunyai
kepekaan rasa yang berbeda.
![Description: [image%255B16%255D.png]](file:///C:\Users\toshiba\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image010.png)
c.
Air Liur
Saat makanan dikunyah
dalam mulut, makanan dibasahi oleh air liur. Makanan menjadi licin dan mudah
ditelan. Selain itu, air liur mengandung enzim ptialin atau amilase.
Enzim ini berfungsi untuk mencerna zat tepung (amilum) secara kimiawi menjadi
zat gula. Itulah sebabnya, saat mengunyah nasi dalam waktu lama kita akan
merasakan manis.Pencernaan seperti ini merupakan contoh pencernaan kimiawi.
B. Kerongkongan
Kerongkongan
merupakan penghubung antara rongga mulut dan lambung. Kerongkongan berupa
saluran yang panjangnya kira-kira 20 cm. Kerongkongan terdiri atas otot yang
lentur. Makanan yang berada di dalam kerongkongan akan didorong oleh dinding
kerongkongan menuju lambung. Gerakan seperti ini disebut gerak peristaltik.
Gerak peristaltik dilakukan oleh otot dinding kerongkongan.
C. Lambung
Lambung adalah alat
pencernaan berotot yang berbentuk seperti kantong. Bagian dalam dinding lambung
berlipat-lipat. Bagian ini berguna untuk mengaduk makanan yang berasal dari
kerongkongan. Dinding lambung juga menghasilkan asam klorida. Asam klorida atau
asam lambung berguna untuk membunuh kuman-kuman yang masuk bersama makanan.
Selain itu, di dalam
lambung terdapat enzim pepsin dan renin. Enzim renin berfungsi
mengendapkan protein susu menjadi kasein. Enzim pepsin berguna untuk mengubah
protein menjadi asam amino. Di dalam lambung ini terjadi pencernaan secara
mekanik dan kimiawi.
D. Usus Halus
Setelah
dicerna di lambung, makanan masuk ke usus halus. Usus halus ini sebenarnya
sangat panjang, tetapi melipat-lipat di perut kita. Usus halus terdiri atas
tiga bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap. Di
dalam usus dua belas jari, makanan dicerna secara kimiawi.
Pencernaan
itu dilakukan oleh getah empedu dan getah pankreas. Getah empedu dihasilkan
oleh hati. Getah empedu berfungsi untuk mencerna lemak. Beberapa enzim yang
dihasilkan getah pankreas sebagai berikut.
a.
Enzim amilase, berfungsi mengubah zat tepung menjadi gula.
b.
Enzim tripsin, berfungsi mengubah protein menjadi asam amino.
c.
Enzim lipase, berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak.
E.
Usus
Besar
Usus besar merupakan kelanjutan dari
usus halus. Usus besar terdiri atas usus besar naik, usus besar melintang, dan
usus besar turun. Di dalam usus besar terjadi penyerapan air dan garam-garam
mineral. Selanjutnya, sisa makanan dibusukkan oleh bakteri pembusuk di dalam
usus besar. Hasil pembusukan berupa bahan padat, cair, dan gas.
F.
Anus
Bagian akhir dari saluran pencernaan
berupa lubang keluar yang disebut anus. Sisa pencernaan dari usus besar dikeluarkan
melalui anus. Bahan padat hasil pembusukan dikeluarkan sebagai tinja dan gas.
Gas dikeluarkan berupa kentut. Sisa pencernaan yang berupa cairan disalurkan
dan disaring dalam ginjal. Cairan yang tidak berguna dikeluarkan melalui lubang
kemih berupa air seni.
3. Penyakit pada Alat Pencernaan
Berbagai penyakit dan gangguan
(kelainan) dapat menyerang alat pencernaan. Penyakit dan gangguan itu dapat
disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu,
juga karena masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh seperti bakteri dan virus.
Di bawah ini beberapa penyakit yang dapat menyerang alat-alat pencernaan.
a.
Mag (Radang Lambung)
Penyakit
ini ditandai dengan gejala lambung terasa perih dan mual. Penyakit mag
disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika kita tidak segera makan
pada saat lapar, lambung menjadi kosong. Akibatnya, asam lambung (asam klorida)
yang dihasilkan untuk mencerna makanan melukai lambung.
b.
Apendisitis (Radang Umbai Cacing)
Radang
pada umbai cacing ditandai dengan sakit pada perut sebelah kanan bawah dan
biasanya disertai demam. Umbai cacing (apendiks) adalah tonjolan kecil pada
usus buntu (sekum). Penyakit ini disebabkan adanya makanan yang masuk di
apendiks dan membusuk. Pembusukan makanan di apendiks tersebut dapat
mengakibatkan radang.
c.
Disentri
Penyakit
disentri disebabkan oleh bakteri. Alat pencernaan yang diserang yaitu usus.
Penyakit ini ditandai dengan muntah-muntah dan buang air besar terusmenerus.
Disentri dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan makanan dan perlengkapan
makan.
d.
Sembelit
Gejala
penyakit sembelit yaitu susah buang air besar. Penyakit ini disebabkan makanan
yang kita makan kurang berserat. Makanan kurang serat dapat mengganggu proses
pencernaan. Serat makanan membantu penyerapan air di usus besar. Jika kadar
serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air. Akibatnya, sisa
makanan menjadi padat sehingga sulit dikeluarkan. Contoh makanan berserat yaitu
sayur-sayuran dan buah-buahan.
4.
Hubungan
Makanan dengan Kesehatan
1. Makanan Bergizi
Makanan bergizi sebagai sumber energi,
bahan pembangun, pelindung tubuh, dan
pengatur tubuh. Oleh karena itu, untuk
memenuhi beberapa fungsi tersebut, kita harus makan makanan yang bergizi.
Makanan yang bergizi yaitu makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh
tubuh. Adapun zat gizi yang diperlukan tubuh yaitu
karbohidrat, lemak,
protein, vitamin, mineral, dan air.
2. Makanan Bergizi Seimbang
Makanan yang kita makan harus bergizi
seimbang. Makanan dikatakan bergizi seimbang jika mengandung karbohidrat,
protein, lemak, mineral, dan vitamin dalam jumlah tertentu.
Rangkuman

1. Proses pencernaan adalah proses
penghancuran makanan menjadi zat-zat makanan
yang dapat diserap tubuh.
2. Sistem pencernaan manusia terdiri atas
alat-alat pencernaan berikut:
a. Mulut, tempat
mencerna makanan secara mekanik dan kimiawi. Pencernaan mekanik menggunakan
gigi dan lidah. Pencernaan kimiawi menggunakan air ludah.
b. Kerongkongan,
saluran untuk jalan makanan dari mulut ke lambung dengan adanya gerakan
peristaltik.
c. Lambung, tempat mengaduk makanan
secara mekanik dan kimiawi.
d. Usus halus, tempat penyerapan
sari-sari makanan.
e. Usus besar, tempat
penyerapan air dan garam-garam mineral serta pembusukan sisa makanan.
f.
Anus, tempat untuk mengeluarkan kotoran
(sisa-sisa makanan).
3.
Penyakit-penyakit yang menyerang organ pencernaan antara lain: mag, disentri, apendisitis,
dan sembelit.
4.
Cara-cara merawat organ pencernaan sebagai berikut.
a.
Makan makanan yang bergizi seimbang.
b.
Menjaga kebersihan alat-alat makan dan bahan makanan.
c.
Makan secara teratur.
d.
Menghindari makanan yang terlalu panas dan dingin.
e.
Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.
5.
Zat-zat yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin,
dan air.
Tes Formatif
A. Pilihan Ganda
Berilah
tanda silang pada a, b, c, atau d, pada jawaban yang paling tepat!
1.
Gigi seri berfungsi untuk..........
a. memotong makanan
b. mengoyak makanan
c. mengunyah makanan
d. membalik makanan
2.
Makanan setelah dicerna akan diserap dan
disalurkan ke seluruh bagian tubuh. Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada .
. . .
a. lambung
b. usus halus
c. usus besar
d. kerongkongan
3.
Pencernaan makanan secara kimiawi
terjadi di . . . .
a. mulut dan kerongkongan
b. kerongkongan dan lambung
c. lambung dan usus halus
d. lambung dan usus besar
4.
Lambung menghasilkan beberapa cairan
yang membantu pencernaan makanan. Salah satunya yaitu asam klorida yang
berfungsi untuk . . . .
a. menyerap sari makanan
b. membunuh kuman yang masuk bersama
makanan
c. melarutkan makanan yang keras
d. menghaluskan makanan
5.
Enzim ptialin berfungsi untuk mencerna
karbohidrat menjadi zat-zat yang lebih sederhana. Enzim ptialin in iterdapat di
dalam . . . .
a. usus halus
b. rongga mulut
c. lambung
d. Kerongkongan
6.
Penyakit dengan gejala bibir pecah pecah
mudah menyerang jika kita . . . .
a. kekurangan vitamin C
b. makan tidak teratur
c. kekurangan kalsium
d. kekurangan air
7.
Saat terjadi pergantian musim, banyak
orang mudah terserang penyakit. Bahan makanan yang dapat menjaga kondisi badan
agar tidak mudah terserang penyakit yaitu . . . .
a. roti dan nasi
b. jagung dan singkong
c. keju dan sagu
d. jeruk dan mangga
8.
Menu makanan yang mengandung gizi
seimbang yaitu . . . .
a. sepiring nasi, sepotong dendeng,sepotong
tempe goreng, dan sebuah apel
b. sepiring nasi, semangkuk kecil sayur
bayam, dan sepotong semangka
c. sepiring nasi,
semangkuk kecil sayur kacang panjang, sebutir telur asin, dan sebuah pisang
d. sepiring nasi,
sepotong singkong goreng, sepotong rendang daging, dan sebuah jeruk
9.
Ketika mencuci beras sebelum dimasak,
sebaiknya jangan diremas remas terlalu keras. Tindakan ini bertujuan agar . . .
.
a. vitamin B1 tidak rusak
b. vitamin B1 tidak larut dalam air
c. karbohidrat tidak rusak
d. karbohidrat tidak larut dalam air
10.
Kecambah kacang hijau mempunyai nilai
gizi yang lebih baik jika dimakan . . . .
a. mentah, karena kandungan mineralnya
tinggi
b. masak, karena vitaminnya bertambah
c. mentah, karena vitaminnya tidak rusak
d. masak, karena mineralnya tidak rusak
11.
Berikut ini
yang tidak termasuk pola hidup sehat adalah …
a. Makan makanan bergizi
b. Istirahat teratur
c. Olah raga teratur
d. Merokok
12. Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada …
a. Lambung
b. Usus besar
c. Usus halus
d Kerongkongan
13. Gerakan meremas-remas yang dilakukan oleh kerongkongan disebut …
a. Parabolic
b. Memutar
c. Peristaltic
d. Lurus
14. Berikut ini manakah yang tidak termasuk gangguan /penyakit yang menyerang
alat pencernaan pada manusia …
a. Maag
b. Apendisitis
c. Haemofilia
d. Disentri
15. Enzim pada
lambung yang berfungsi untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein ialah
enzim............
a. Pepsin
b.Renin
c. Amilase
d.Lipase
B. Essay
1. Sebutkan tiga bentuk gigi manusia dan
fungsinya!
2. Sebutkan lima macam penyakit pada
alat pencernaan dan penyebabnya!
3. Sebutkan lima contoh bahan makanan
sumber tenaga!
4. Sebutkan lima alat pencernaan yang
kamu ketahui!
5. Sebutkan tiga macam cara memelihara
alat pencernaan makanan!
Kunci
Jawaban
A. Pilihan Ganda
1.
a
2.
a
3.
c
4.
b
5.
b
6.
a
7.
a
8.
b
9.
b
10.
b
11.
d
12.
a
13.
c
14.
c
15.
b
A. Essay
1.
Gigi seri berguna untuk memotong
makanan, Gigi taring berguna untuk mengoyak makanan dan Gigi geraham berguna
untuk mengunyah makanan.
2.
a) Maag (Radang Lambung) disebabkan oleh
kebiasaan makan yang tidak teratur.
b)
Apendisitis (Radang Umbai cacing)
disebabkan adanya makanan yang masuk kedalam apediks dan membusuk.
c)
Disentri disebabkan oleh bakteri
d)
Sembelit disebabkan makanan yang kita
makan kurang berserat.
3.
Gandum,beras, jagung, sagu dan ketela
pohon.
4.
Mulut, Kerongkongan, Lambung, Usus halus
dan Usus besar.
5.
a) Makan makanan yang bergizi dan
seimbang
b)
Makan secara teratur
c)
Mencuci tangan sebelum makan
Penskoran
Pilihan Ganda :
Skor =
x 60

Essay :
Skor = 8 x B
Skor
Total = skor pilihan ganda + skor essay
Ket. B = banyaknya butir
yang dijawab benar
N = banyaknya butir soal
Daftar
Pustaka
Buku IPA Salingtemas Kelas V SD dan MI,
Wigati Hadi Omegawati dkk.
Casino Player Reviews & Ratings - DrmCD
BalasHapusThe Casino Player Experience is 정읍 출장샵 back! With an 영주 출장샵 all new player casino experience, 동두천 출장안마 the world of slots comes to 김해 출장마사지 an end. With over 700 부산광역 출장마사지 of the best video slots and